Sakti, Pria Klaten Ditembak Nggak Mempan, Ngamuk Bawa Pedang

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Tangkapan Layar.

Unit Sabhara Polres Klaten kesulitan menangkap pria bernama Agus. Masalahnya pria ini membawa pedang jenis katana (samurai), pada Minggu 7 Maret 2021. Sementara tangan kirinya membawa sarung pedang.

Hal inilah yang membuat warga Desa Kendungan, Pedan, Klaten, Jawa Tengah resah. Warga yang ketakutan kemudian melaporkan ke Polres Klaten.

Polisi langsung bergerak menuju lokasi. Penangkapan itu juga direkam dan diunggah ke akun Instagram Polres Klaten. Diketahui jika Agus mengalami gangguan jiwa atau ODGJ.

Penangkapan ini pun ramai di media sosial. Maklum ada video lain yang menunjukkan Agus tak mempansaat ditembak. Inilah yang membuat jagat maya bergetar.

“PENGAMANAN ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) di Wilayah Kec Pedan Kab Klaten,” tulis akun @sabhararesklaten.

“Sat Sabhara Polres Klaten bersama Polsek Pedan dan Koramil Pedan Melaksanakan giat penangkapan dan pengamanan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) yang mengganggu warga dengan membawa sajam di wilayah hukum Polsek Pedan dengan lokasi Desa Kedungan, Kec Pedan, Kab Klaten,” keterangan lain dalam akun IG tersebut.

Bukan pekerjaan gampang bagi Polres Sabhara menangkap Agus. Pria yang saat mengamuk memakai kaus merah, dengan celana biru kombinasi putih ukuran ¾ itu kerap mengayunkan pedang.

Sesekali dia pasang kuda-kuda. Padahal polisi yang membawa tongkat dengan ujung segitiga untuk menjinakkan pedang, kesulitan menjinakkan Agus.

Seorang polisi sempat memanfaatkan momen untuk melumpuhkan pedang yang dibawa Agus. Padahal saat itu Agus tengah lengah, namun upaya itu meleset. Beruntung anggota polisi cepat menghindar saat gagal merampas pedang Agus.

Beberapa upaya dilakukan anggota polisi tidak berhasil.

“Orak iso…orak iso (tidak bisa),” kata Agus.

ODGJ dapat dilumpuhkan dengan Tembakan gas air mata jenis pepper spray atau semprotan merica). Semprotan itulah yang membuat mata dan kulitnya perih dan panas. Saat lengah itulah, Agus ditangkap dengan tongkat khusus.

Tertangkapnya Agus langsung dilarikan ke RSJD Soedjarwadi. Selanjutnya anggota menyerahkan pedang yang digunakan ODGJ ke Polsek Pedan.

Artikel Lainnya