Sajian Cepat dan Lezat, Dimsum Kukus Bisa Dicoba di Rumah

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kevinscooking.

Dimsum. Mendengar namanya sudah bisa membayangkan. Bahwasanya penganan ini berasal dari Cina. Betul, cukup banyak resto atau rumah makan Cina menyuguhkan dimsum atau dim sum.

Gaes, ternyata penganan ini sudah hadir sejak zaman Dinasti Han (206 SM-220). Kalau begitu makanan ini sudah berumur ribuan tahun. Dimsum bisa diartikan sebagai makanan kecil. Biasanya makanan ini disuguhkan saat acara-acara khusus.

Membuat dimsum gampang-gampang susah. Hanya dibutuhkan ketelitian dan keuletan. Penasaran ya? Yuk menjajal resep dimsum. Ambil resep dimsums kukus yang sederhana dan bisa ditiru.

Bahannya perlu menyiapkan 500 gram daging ayam giling atau blender, 100 gram udang blender, 2 batang daun bawang, 3 siung bawang putih, dan 2 butir telur ayam.

Selanjutnya siapakan juga 200 gram tepung tapioca, 1 sachet kaldu jamur merang, garam secukupnya, ½ sdt lada putih, 1,5 sdm minyak wijen, 1 sdm kecap asin, dan tambahkan 1 buah worter lalu parut halus.

Camilan dimsum tentu tak akan lengkap jika tidak disajikan dengan saus. Siapkan dua buah cabai merah besar, 3 buah cabe rawit merah, 2 siung bawang putih, tambahkan 250 ml air.

Jangan lupa untuk menambahkan 1 sdt cuka masak, 1 sdt gula pasir, dan 1 sdt garam, serta 1 sdt tepung maizena, serta larutkan dengan sedikit air agar bumbu saus terasa lebih nikmat.

Untuk membuatnya cukup mudah. Pertama haluskan atau blender ayam fillet dan udang, lalu siapkan bahan-bahan bumbunya.

Iris tipis daun bawang, cincang halus bawang putih kemudian campurkan dengan daging halus dan telur.

Tahap selanjutnya, campurkan semua bahan hingga tercampur rata. Setelah itu, siapkan kulit pangsit serta isi topping dengan wortel yang sudah diparut halus.

Di tahap akhir cukup masak dengan cara dikukus kira-kira 25-30 menit. Tunggu sampai matang merata lalu dimsum siap untuk disajikan.

Artikel Lainnya