nyedulur.com

Sah! Prabowo Resmi Jadi Kapolri, Dilantik Joko Widodo di Istana Negara

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kabar 24.

Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik Presiden Joko Widodo. Kini mantan Kabareskrim itu memikul empat bintang di pundak, alias sebagai kapolri. Pria kelahiran Ambon 1969 itu menggantikan Kapolri Jenderal Idham Aziz yang sudah pensiun.

Alumnus Akpol 1991 itu dilantik dengan protokol kesehatan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu 27 Januari 2021. Pun begitu jumlah undangan yang hadir juga terbatas.

Penunjukkan Listyo Sigit berdasarkan rekomendasi DPR RI setelah melewati rapat paripurna. Selain itu, Listyo Sigit juga dianggap pantas melewati uji kepantasan atau fit and proper test yang dilakukan Komisi III DPR RI.

"Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Listyo Sigit.

Sebelumnya, Listyo Sigit menghabiskan karir kepolisian di Jawa Tengah. Dia pernah menjabat sebagai Kapolres Pati, kemudian menjadi Kapolres Sukoharjo pada 2009. Wakapoltabes Semarang pernah diemban pada 2010.

Satu tahun kemudian, dia dipromosikan menjabat Kapolresta Solo. Pada saat itu Joko Widodo masih menjabat Wali Kota Solo, sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Presiden RI.

Artikel Lainnya