Sah, Aprilia Manganang Berganti Nama, Operasi Berjalan Mulus, Jenderal Andika: Bukan Transgender

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Liputan6.

Sosok Aprilia Manganang menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Atlet voli nasional itu kini fokus menjadi anggota TNI Angkatan Darat setelah menjadi laki-laki.

Saat ini Aprilia Manganang telah menjalani correction surgery di RSPAD Jakarta. Selanjutnya dia tengah menunggu perubahan nama setelah diputuskan menjadi laki-laki oleh pengadilan.

“Saya berterima kasih kepada dokter yang sudah membantu. Saya sangat bahagia selama 28 tahun menunggu keinginan ini, dan akhirnya tahun ini bisa tercapai,” kata anggota TNI AD berpangkat Sersan Dua (Serda), dikutip Kumparan, Kamis 11 Maret 2021.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, menyatakan seluruh proses administrasi perubahan nama akan dibantu Direktur Hukum Angkatan Darat, Brigjen TNI Tetty.

“Direktur Hukum Angkatan Darat Brigjen TNI Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen-dokumen untuk membantu Sersan Manganang agar mendapatkan apa yang diinginkan,” kata Andika saat jumpa pers di Mabesad, Jakarta, Selasa 9 Maret 2021.

Perubahan nama ini sesuai dengan UU Kependudukan. Saat ini, perubahan nama Aprilia tengah diajukan di Pengadilan Negeri Tondano.

Aprilia bergabung ke Korps Wanita TNI AD (Kowad) dan ditempatkan di Direktorat Ajudan Jenderal (Ajen) pada 2016. Setelah pulih, dia tak lagi bergabung dengan Kowad.

Jenderal Andika mengatakan bahwa setelah semua proses operasi dan pengobatan selesai, dia akan ada perubahan tempat tugas sesuai bakatnya.

“Kemungkinan besar kami akan tempatkan di Perbekalan dan Angkutan, atau bahkan di Kesehatan tergantung pada passion (Manganang), lebih besar di mana,” tambah Andika dikutip dari Antara, melalui Kumparan.

Dalam kesempatan itu, Jenderal Andika menegaskan operasi yang dijalani Aprilia bukan berarti mengubah dari wanita menjadi pria atau transgender. Sebab, operasi ini hanya menyempurnakan bentuk kelamin laki-laki Aprilia.

“Bukan transgender bukan juga interseks, tidak masuk kategori itu semua. Dan tim dokter pun tahu semua definisinya,” kata Andika.

Artikel Lainnya