Sadis, Aksi Mafia Tega Habisi Penegak Hukum, Edarkan Narkoba, Sosok Joaquin Guzman Diangap Paling Kejam di Dunia

Nyedulur
  • 18 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: NPR/Getty Images.

Bagi yang suka lihat drama korea berjudul Vicenzo pasti tak asing lagi dengan sesosok mafia. Benar, serial ini mengisahkan tentang seorang pengacara dari Italia dan rekanan mafia yang merupakan keturunan Korea.

Sebetulnya, mafia merupakan kelompok rahasia yang melakukan berbagai macam kegiatan illegal. Sebut saja pengedaran narkoba, pembunuhan, penyuapan, dan kejahatan lain.

Berikut beberapa kelompok berdarah dingin dari berbagai negara yang dikenal karena kejahatannya, sebagimana dilansir IDN Times.

Yakuza merupakan sindikat kriminal terbesar dan paling disegani di Jepang. Rupanya, Yakuza memiliki sejarah panjang sejak zaman pemerintahan Syogun Tokugawa pada era 1600-an.

Para samurai Syogun Kasai inilah yang akhirnya menjadi ronin atau roshi atau samurai tanpa tuan. Konon, kaum ronin inilah yang menjadi cikal bakal Yakuza di masa modern.

Uniknya, Yakuza juga mendapat tempat di hati masyarakat Jepang. Ya, para mafia Jepang ini kerap membantu masyarakat jika mengalami bencana alam.

Organized Crime and Corruption Reporting Project dalam lamannya mencatat bahwa pada masa pendemik Covid-19, Yakuza kerap membantu masyarakat Jepang dengan cara memberikan keperluan medis gratis.

Bahkan, kelompok Yakuza juga sering membantu membersihkan rumah sakit dan tempat-tempat karantina, saat banyak orang yang enggan melakukannya.

Kartel Sinaloa adalah sebuah kelompok mafia yang ditakuti di Meksiko. Kartel yang dipimpin oleh Joaquin Guzman. Kelompok ini dituding bertanggung jawab atas kematian ribuan orang, termasuk warga negara Amerika Serikat.

Laman Britannica mencatat bahwa Joaquin Guzman dianggap sebagai salah satu mafia paling berbahaya di dunia. Pada 1993, Guzman ditangkap di Guatemala dan diekstradisi ke Meksiko. Namun pada 2001 dia berhasil kabur atas bantuan sipir yang korup.

Guzman sanggup memproduksi narkoba metamfetamin sebagai produk paling banyak diselundupkan ke luar Meksiko. Dalam satu tahun, kartel ini meraup duit USD3 miliar atau Rp45 triliun dari penjualan narkoba dan tindak kriminal lainnya.

Sisilia merupakan wilayah otonomi Italia dengan luas lebih dari 25 ribu km persegi. Di lokasi inilah cikal bakal mafia muncul.

Nama mafia awalnya juga berasal dari Italia, dengan nama mafioso. Sosok yang paling ditakuti di Italia adalah Salvatore Riina. BBC News dalam lamannya memberitakan bahwa Riina meninggal di penjara pada usia 87 tahun.

Dalam era keemasannya, Riina dijuluki il capo dei capi yang artinya adalah bos dari semua bos. Julukan ini disematkan padanya karena memang Riina merupakan pemimpin mafia paling kejam dan akan melakukan apa pun demi mencapai tujuannya.

Pada era 1970-an, Riina dan kelompoknya berhasil menguasai perdagangan heroin dan narkoba jenis hingga luar Italia. Dia juga kerap menjadi dalang di balik kasus pembunuhan hakim, pejabat, dan politisi.

Dia mahir melakukan manipulasi bisnis yang disertai dengan pencucian uang tanpa terlacak. Riina ditangkap pada 1993 dan dipenjara tanpa batas waktu di Parma dan meninggal pada 2017.

Artikel Lainnya