nyedulur.com

Rumit, Unair Bakal Terapkan Kuliah Tatap Muka 2021, Skemanya Begini

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CNN Indonesia.

Ikatan Dokter Anak Indonesia bersma Unicef belum merekomendasikan sekolah tatap muka. Saran tersebut tidak lepas dari masukan dari WHO agar penanganan Covid-19 benar-benar keluar dari zona oranye.

Pada saat kasus covid-19 di Indonesia menunjukkan kenaikan, pemerintah memiliki rencana sekolah tatap muka. Salah satunya adalah Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Rencana tersebut disampaikan Menristek Bambang Brodjonegoro tentang rencana kuliah tatap muka Februari 2021.

“Februari nanti Pak Rektor (Rektor Unair, M Nasih) memutuskan memulai membuka kampus dengan pendekatan hybrid online dan offline,” kata Bambang dikutip dari Detik, Jumat 4 Desember 2020.

Rencana ini membandingkan sekolah di Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam, sejumlah kampus sudah melakukan metode pembelajaran hybrid sejak September lalu. Karena di sana menerapkan screening kepada seluruh warga kampus rutin.

“Mereka mengombain, selain managemen kuliah adalah dengan pemeriksaan (saliva) yang langsung dicek PCR dua kali seminggu untuk individu di universitas, mahasiswa, dosen, tenaga pendidik atau semua yang ingin masuk ke kampus,” jelasnya.

Menurutnya hal seperti itu penting dilakukan untuk pengecekan Covid-19. Jika Unair menerapkan screening awal, bisa diikuti tempat lain selain perguruan tinggi.

Artikel Lainnya