nyedulur.com

Rumah Warga Kediri Diterjang Tanah Longsor, Tiga Ruang Jebol, Ini Penyebabnya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Beritajatim.com.

Pasangan Gito dan Sukati tidak pernah membayangkan rumahnya tertimpa tanah longsor. Peristiwa itu terjadi saat mereka tengah duduk-duduk di kursi bersama anaknya. Pasangan yang tinggal di lereng Gunung Wilis ini tiba-tiba dikejutkan dengan suara gemuruh.

Nampaknya suara yang mereka dengar adalah longsoran tanah. Sebab rumah mereka persis di sisi tebing yang menjulang sekitar lima meter dan berada di pinggir jalan.

Bencana tanah longsor itu terjadi pada Minggu 13 Desember 2020 sekitar pukul 18.00 WIB. Saat itu hujan turun cukup deras. Sejak pukul 12.00 hingga petang, sekitar pukul 18.00 WIB, hujan tak kunjung berhenti.

“Hujan turun mulai pukul 12.00 WIB tanpa berhenti. Saya bersama suami dan anak tengah duduk di kursi. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari samping rumah. Ternyata tebing di tepi jalan longsor menerjang dinding,” kata Sukati dikutip Beritajatim, Senin 14 Desember 2020 pagi.

Dengan terpincang karena kakinya sakit, Sukati bersama suaminya Gito dan anaknya Adar Ramadani langsung berlari keluar. Mereka berusaha menyelamatkan diri ke arah kandang sapi di samping rumahnya.

Rumah Gito, yang merupakan warga RT 11 RW 4 Desa Pamongan Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri ini berada di tepi jalan raya. Posisinya berada di bawah jalan. Bagian dinding rumah berbatasan langsung dengan plengsengan jalan setinggi kurang lebih 5 meter.

Plengsengan jalan tersebut runtuh setelah terjadi hujan deras seharian. Material tanah bercampur batu dan air menerjang dinding samping rumah Gito hingga mengakibatkan ruang tamu, kamar dan dapur ambrol.

Kini mereka memilih mengungsi ke rumah orang tuanya. Mereka takut ada longsor susulan.

Artikel Lainnya