Risma Bayangi Anies Baswedan, Kandidat Pilkada DKI Jakarta, Ahok Masih Kuat, Baim Wong Tiba-tiba Nongol

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Humas Pemkot Surabaya

Nama Menteri Sosial, Tri Rismaharini langsung unjuk gigi di Ibu Kota. Risma, begitu dia akrab disapa, namanya nongol sebagai kandidat kuat Gubernur DKI Jakarta yang akan dilaksanakan tahun depan.

Mantan Wali Kota Surabaya wanita pertama itu dimasukkan oleh Lembaga survei Median di urutan kedua, di belakang Anies Baswedan yang saat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Gebrakan Risma dalam beberapa bulan menjbat Mensos cukup ampuh mendongkrak namanya. Setidaknya dia melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Jakarta, serta daerah lain di Indonesia.

“Risma ada di posisi kedua dengan metode tanpa mengajukan nama,” kata Direktur Median, Ade Irfan Abdurrahman, Senin 15 Februari 2021.

Dalam konferensi virtual tersebut, Risma mendapat dukungan sebesar 16,5 persen. Jauh di belakang Anies Baswedan yang mengumpulkan 40,5 persen suara.

Sementara nama mantan Gubernur DKI Jakarta, DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok cukup kuat. Meskipun pernah dipenjara, namanya masih muncul di urutan ketiga dengan perolehan suara 8,5 persen.

Sandiaga Uno sepertinya juga tidak mau ketinggalan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu ditempatkan di urutan keempat dengan mengumpulkan suara 3 persen. Disusul wagub saat ini, Ahmad Riza Patria, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, dan Baim Wong yang masing-masing mengumpulkan 0,5 persen suara.

Ade menjelaskan dalam survei yang ddilakukan timnya melibatkan 400 responden yang memiliki hak suara dalam Pilkada. Dia juga menjelaskan margin error berada di angka kurang lebih 47,9 persen, dengan tingkat kepercayaan hingga 95 persen.

“Adapun responden yang tak memberikan jawaban atau indecided mencapai 28 persen,” pungkas Ade.

Artikel Lainnya