Ribka Tjiptaning Tolak Vaksin, Sebut Corona 'Komunitas Rondo Mempesona', Jauh Lebih Bahaya dari Virus Lain

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Bisnis Indonesia.

Nama Ribka Tjiptaning mendadak viral. Anggota Komisi IX DPR RI itu bukan saja menolak vaksin. Padahal dia berasal dari PDI Perjuangan. Yang mana partai pengusung Joko Widodo dalam Pilpres 2019 lalu.

Sementara Presiden Jokowi menjadi pelopor vaksin Rabu 13 Desember 2021. Jokowi ditemani sejumlah tokoh lintas bidang menjalani vaksin di Istana Kepresidenan. Tapi justru Ribka Tjiptaning menolak.

Karuan saja namanya masuk trending topic di Twitter. Dia juga menjadi bahan omongan rekan-rekan sejawat di Senayan. Apa sebabnya?

Kontroversi Ribka Tjiptaning tidak berhenti soal penolakan vaksin. Dia juga sempat memunculkan guyonan. Padahal guyonan itu sudah setahun lamanya. Namun guyonan itu dimunculkan warganet.

Saat itu dia rapat bersama Menteri Kesehatan yang masih dijabat Terawan Agus Putranto. Dalam candaannya, dia menyebut virus corona jauh lebih berbahaya dibanding SARS atau MERS.

Virus corona atau korona, diartikan komunitas rondo mempesona. Dalam bahasa Jawa, rondo adalah janda. Dalam candaannya, Ribka menyebut komunitas rondo mempesona itu berbahaya.

“Ini lebih bahaya dari MERS atau SARS dibanding itu si korona, kecuali 'komunitas rondo mempesona'. Bahaya itu penghuni koronanya itu, ya kan,” kata Ribka. Candaan itu membuat peserta rapat menertawakan Ribka saat berbicara.

Artikel Lainnya