Rek, Buka Bersama sudah Diperbolehkan Pemkot Surabaya, Ada Batasannya, Satgas Covid-19: Harus Patuhi Prokes

Nyedulur
  • 11 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Humas Pemkot Surabaya.

Kelonggaran menggelar buka bersama selama Ramadan tidak hanya diberlakukan Pemprov DKI Jakarta. Pemkot Surabaya juga memberi kelonggaran menggelar buka bersama.

Wakil Sekretaris Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya, Irvan Widyanto menyatakan bahwa pelaksanaan buka bersama bisa dilakukan. Namun pihaknya meminta seluruh pihak mengutamakan protokol kesehatan.

“Tahun ini memang beda jika dibanding tahun lalu dalam penyelenggaraan ibadah Ramadan. Termasuk kegiatan buka bersama bisa dilakukan masyarakat. Tapi yo kudu sesuai protokol kesehatan,” kata Irvan Widyanto, mengutip MNCTrijaya, Selasa 6 April 2021.

Keberadaan buka bersama, lanjutnya, menjadi tradisi yang selalu dilalukan saat Ramadan. Namun menghilang saat pandemi Covid-19 terjadi merata di Indonesia tahun lalu.

Kebiasaan tersebut saat ini diperkirakan kembali lagi meski tidak sebebas sebelum pandemi. Berbagai aturan tetap diberlakukan dalam pelaksanaan buka bersama. Termasuk pembatasan jumlah pesertanya.

“Nantinya buka bersama hanya bisa dilakukan secara terbatas dan jarak duduk juga harus diatur. Demikian pula dengan saat salat magrib akan menyesuaikan dengan protokol kesehatan,” Irvan Widyanto menambahkan.

Keberadaaan buka bersama, menurut Irvan, akan berimplikasi dengan geliat ekonomi di Surabaya. Selama 1 tahun pandemi Covid-19, banyak resto atau pun tempat kuliner yang berhenti beroperasi.

Momentum Ramadan menurut Irvan menjadi titik balik usaha kuliner untuk kembali beroperasi. Irvan berharap agar momentum tersebut bisa dimanfaatkan pelaku usaha.

Namun dia mengingatkan agar jangan sampai melanggar aturan protokol kesehatan. Sebab Pemkot Surabaya akan mengenakan sanksi terhadap semua jenis pelanggaran protokol kesehatan.

Artikel Lainnya