nyedulur.com

Referensi Rempah untuk Rayakan Natal yang Spesial, Bisa Lindungi Kesehatan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Nutrition Force.

Merayakan Natal tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak banyak pesta dan kegiatan di dalam gereja. Pandemi memaksa berbagai kegiatan dikurangi untuk mencegah penularan virus corona.

Tapi bukan berarti tidak ada semarak Natal. Tetap ada perayaan kecil bersama keluarga. Yang penting, esensi Natal tetap berjalan.

Oh iya, omong-omong soal hidangan Natal apakah sudah tersedia? Cobalah menambahkan rempah-rempah dalam suguhan Natal tahun ini.

Dilansir dari IDN Times, kayu manis (cinnamon) bisa memberi kehangatan. Rempah aromatik dengan rasa manis dan sedikit pedas ini bisa jadi bumbu pelengkap makanan asin maupun manis.

Sebuah laporan berjudul "Cinnamon: Mystic powers of a minute ingredient" yang diterbitkan Pharmacognosy Research tahun 2015 menjelaskan bahwa kayu manis mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan antiinflamasi mampu menurunkan gula darah, bila dikonsumsi dalam dosis tinggi dalam bentuk suplemen.

Namun, para peneliti menemukan bahwa kayu manis jenis cassia cinnamon atau chinese cinnamon mengandung coumarin dalam jumlah tinggi. Ada efek racun bila dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Dengan tonik pencernaan yang dimilikinya, jahe menjadi salah satu rempah yang seimbang dan tepat bila disajikan dalam makanan yang berat.

Mengonsumsi jahe memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh, yang mana jahe punya khasiat antiinflamasi, antioksidan, antimikroba, dan antikanker.

Selain itu, jahe dalam bentuk suplemen banyak digunakan sebagai pengobatan natural untuk asma, infeksi, dan kondisi lainnya.

Menurut laporan berjudul "Ginger and Its Constituents: Role in Prevention and Treatment of Gastrointestinal Cancer" dalam jurnal Gastroenterology Research and Practice tahun 2015, diketahui bahwa jahe juga memiliki sifat antikanker yang kuat.

Selanjutnya adalah bunga lawang (star anise) adalah rempah asli yang berasal dari Cina (Illicium verum) yang manfaat kesehatannya sudah terbukti. Sementara itu, bunga Lawang asal Jepang (Illicium anisatum) memiliki kandungan beracun.

Bunga lawang dapat menambah cita rasa manis dan pedas dalam makanan. Dijadikan bahan minuman juga bisa, yaitu ditambahkan ke dalam teh atau turmeric latte.

Sebetulnya masih banyak manfaat rempah-rempah yang baik bagi kesehatan. 

Artikel Lainnya