Punya Manfaat Besar, Mengonsumsi Vitamin C Dosis Tinggi Justru Memunculkan Bahaya bagi Tubuh

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Mengonsumsi makanan dengan takaran berlebihan sangat tidak dianjurkan. Begitu pula dengan sejumlah vitamin dan nutrisi, bila dikonsumsi berlebihan bisa menjadi bumerang bagi tubuh.

Termasuk vitamin C. Bila dikonsumsi dalam dosis yang cukup banyak dan berlebih, memiliki risiko yang tidak kecil.

Seperti yang diketahui jika vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan badan. Vitamin C dapat membantu melindungi sel-sel tubuh hingga membantu meyembuhkan luka.

Asupan vitamin C dapat datang dari mana saja. Bisa dari suplemen, sayuran, hingga buah-buahan. Namun, jika Anda mengonsumsinya dalam jangka panjang dan berlebihan dapat meningkatkan efek negatif

Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA) Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes mengatakan, vitamin C dalam sayur dan buah harus dikonsumsi secara berkala karena larut dalam air dan tidak disimpan tubuh.

Mengutip JPNN Rita menjelaskan, sisa dari asupan vitamin C yang berlebihan akan dikeluarkan lewat air seni, sehingga asupan setiap hari harus dipenuhi.

“Makanya sumber vitamin C dibagi untuk pagi, siang dan malam agar terdistribusikan dengan baik. Tidak bisa makan vitamin C sekali dalam seminggu dirapel,” kata Rita dalam webinar kesehatan.

Nutrisionis ini mengatakan vitamin C bersama dengan zat besi, zink dan vitamin A merupakan penjaga sistem imunitas yang berfungsi menjaga tubuh tetap kuat, terutama di tengah pandemi Covid-19. Tanpa para penjaga ini, sel imunitas takkan berfungsi secara maksimal.

Angka rata-rata kebutuhan vitamin C per hari adalah 90 miligram. Vitamin C dosis tinggi sebetulnya diperbolehkan, asal tidak melebihi perhitungan dari 1,5 gram vitamin C per kilo gram berat badan individu.

Vitamin C mempunyai peranan penting dalam menjaga kondisi tubuh, seperti melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, merupakan salah satu komponen utama dalam membangun kolagen tubuh yang bertanggung jawab pada semua struktur jaringan ikat di tubuh, serta berperan untuk memelihara jaringan penghubung tulang.

Tidak hanya itu, berbagai penelitian juga menjelaskan bahwa ketersediaan vitamin C yang cukup di tubuh akan menurunkan tingkat keparahan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan tulang dan kerja otak.

Artikel Lainnya