nyedulur.com

PPNS Jalin Kerjasama dengan Dunia Industri, Siapkan SDM Lebih Kompetitif

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Penyelarasan antara pendidikan dengan dunia kerja sangatlah penting. Terutama untuk meningkatkan mutu pendidikan guna melahirkan SDM andal.

Itu sebabnya Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) melalui program studi teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja, menyelenggarakan program penyelarasan antara Perguruan Tinggi Vokasi, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan industri.

Kerja sama teresbut berlangsung selama tiga hari, mulai 20-22 November di kampus PPNS yang terletak di Tambak Sumur, Surabaya. Di akhir pelaksanaan dilakukan penandatanganan kerja sama (MoU) antara PPNS, SMK dan dunia industri.

Acara ini merupakan program hibah dari Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktur PPNS, Eko Julianto di tengah acara mengungkapkan bahwa program penyelarasan antara PPNS dan industri sebenarnya telah diinisiasi sejak tahun 1995 dengan program link and match.

“Cita-cita untuk mewujudkan keselarasan menjadi lebih mungkin, dengan terus mendorong pengembangan ekosistem dan SDM unggul di bidang vokasi dan siap memasuki dunia industri,” kata Eko dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Direktur SDM Pelindo III, Edi Priyanto menyatakan bahwa pihaknya sebagai perwakilan BUMN berjanji mendukung perguruan tinggi dengan dunia industri. Dia berharap agar menghasilkan SDM yang kompeten saat memasuki dunia industri.

“Mahasiswa perlu dikenalkan ke dunia industri seluas-luasnya dan juga perlu mengajak dunia industri ke kampus sebanyak-banyaknya,” Edi Priyanto menjelaskan.

Kegiatan tersebut dihadiri manajemen PPNS dan beberapa pimpinan industry. Di antaranya PT Pelindo III, PT Adiluhung Sarana Segara, PT Terminal Peti Kemas Surabaya, PT Terminal Teluk Lamong, PT PAL Indonesia, dan PT Kertarajasa Sidoarjo.

Begitu juga dengan perwakilan praktisi HSE dari berbagai perusahaan dan pimpinan SMK yang meliputi SMK  Negeri III Surabaya, SMK Negeri Cerme Gresik, SMK Negeri 1 Tambak Boyo Tuban, SMK Diklat PT PAL Surabaya, SMK  Perkapalan Sidoarjo dan SMK Pungging Sidoarjo.

Artikel Lainnya