nyedulur.com

Pernah Dengar Hipersomnia, Gejala Mudah Tidur, Gampang Tersinggung Bisa Jadi Pemicunya

Kuarter
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sudah cukup tidur tapi masih merasa ngantuk. Istirahat juga cukup. Kenali dulu mungkin itu adalah gejala hipersomnia.

Hipersomnia jelas berbeda dengan Imsonia. Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan sulit memjamkan mata. Sedangkan hipersomnia adalah kebalikannya. Gejala ini membuat penderitanya terserang ngantuk yang berlebih.

Menurut Lee Chambers, Psikolog dan Konsultan Kesejahteraan, kondisi itu disebabkan oleh masalah di otak yang mengontrol fungsi tidur dan bangun.

Dilansir dari Kuarter, hipersomnia sekunder adalah akibat dari kondisi medis lain yang menyebabkan kurang tidur.

Tak hanya itu, gejala utama penyakit ini adalah karena kelelahan secara terus-menerus. Dampaknya akan kekurangan energi dan ingin tidur sepanjang hari.

Seorang ahli dari teknologi Simba Hope Bastine mengatakan bahwa hipersomnia dapat terjadi jika seseorang kekurangan sinar matahari.

Selain itu, menghirup udara segar dan menggerak-gerakan kaki atau berolahraga ringan cara yang bagus untuk meningkatkan energi.

Hipersomnia biasanya juga akan memengaruhi selera. Penderita hipersomnia cenderung kehilangan nafsu makan yang disertai lelah dan gejala lainnya.

Para ahli mengatakan bahwa penderita hipersomnia harus mencoba dan memiliki pola makan yang seimbang. Mereka juga menyarankan untuk mengurangi alkohol dan tidak mengonsumsi sembarang obat.

Eh ternyata mudah tersinggung juga termasuk gejalanya, lho.

Artikel Lainnya