Perlu Tahu Sebelum Menjalani Diet Nutrisi, Ketahui Aturan yang Seimbang dan Menyehatkan

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CDC.

Mengurangi porsi makanan atau diet dipercaya bisa mengontrol berat badan. Jenis diet pun memiliki berbagai macam. Mulai dari diet keto, nutrisi, hingga diet ketat yang cukup membahayakan.

Ngomong-ngomong soal diet nutrisi, merupakan salah satu diet tebaik untuk memenuhi kebutuhan gizi di setiap harinya.

Mengutip CNN Indonesia, Dokter gizi Sylvia Irawati menjelaskan diet nutrisi seimbang adalah pola makan yang memenuhi kaidah atau rekomendasi kebutuhan nutrisi harian.

Selain memenuhi nilai gizi, diet juga bisa menjaga berat badan yang seimbang dan mencegah berbagai penyakit.

“Ada banyak metode diet yang ditawarkan, tapi tetap secara rekomendasi medis dan praktis yang terbaik adalah nutrisi seimbang. Karena ini adalah yang paling sesuai dengan apa yang tubuh kita butuhkan,” kata Sylvia.

Diet nutrisi seimbang dapat dipenuhi dengan menu makanan sesuai dengan kebutuhan harian tubuh pada karbohidrat, sayur, dan buah, dan protein.

Sylvia menjelaskan kebutuhan karbohidrat harian setiap orang 3-4 porsi sehari.

Berikut takaran untuk 1 porsi, 1 porsi roti: 2 lembar roti, dan 1 porsi nasi: 100 gram atau dua cakupan tangan, untuk 1 porsi kentang/umbi-umbian: 1 buah ukuran sedang.

Dalam sehari, seseorang harus mengonsumsi 3-4 porsi sayuran dan 2-3 porsi buah.

“Minimal 5 porsi, 3 porsi sayur dan 2 porsi buah,” ujar Sylvia.

Untuk 1 porsi sayuran berdaun: 4 sendok makan sayuran, kalau 1 porsi kacang polong: 3 sendok makan, dan 1 porsi kembang kol: 8 kuntum bunga.

Nah kala untuk 1 porsi buah ukuran kecil: 2 kiwi / 7 stroberi, selanjutnya untuk 1 porsi buah ukuran sedang: 1 apel / 1 pisang / 1 jeruk / 1 pir, dan untuk 1 porsi buah ukuran besar: 1 iris pepaya / 1 iris melon / 2 iris manga. 150 ml jus murni atau smoothies setara dengan 1 porsi buah.

Bagaimana gaes, apakah sudah menjalani diet atau belum?

Artikel Lainnya