nyedulur.com

Perlu Tahu, Ini Tanda-tanda Sofa Tak Layak Pakai, Nggak Harus Dijual

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Sofa menjadi salah satu perabot wajib yang ada di dalam sebuah ruangan. Umumnya, sofa digunakan untuk mengisi ruang tamu ataupun ruang keluarga.

Umumnya, sofa memiliki umur pemakaian yang relatif lama. Yakni sekitar tujuh hingga 15 tahun. Namun sofa juga harus diganti jika sudah tidak berfungsi dengan baik. Kapan waktu untuk mengganti? Mudah untuk mengenalinya.

Beberapa orang membeli sofa ketika masih menyewa rumah atau apartemen. Pada saat pindah ke rumah yang lebih besar, sofa tidak lagi sesuai dengan luas ukuran ruangan. Bisa juga karena sebaliknya.

Untuk ruangan yang lebih kecil, sofa tidak boleh terselip di antara furnitur lainnya. Tentu saja agar tidak bergesekan dengan permukaan lain setiap kali ada yang duduk. Hal ini akan menyebabkan jok sofa cepat rusak sehingga harus.

The Spruce melalui Kompas menulis bahwa tanda-tanda lain bila mulai terdengar suara derit, letusan, atau derit setiap kali ada yang duduk. Suara bising itu bisa menjadi masalah dengan sambungan pada rangka kayu. Bisa juga logam atau melemahnya pegas logam. Furnitur yang lebih tua biasanya dibuat dengan kayu keras dan sekrup. 

Bisa juga disebabkan mulai menipisnya jok. Masalah ini tidak harus dibuang. Bisa diperbaiki ke pusat reparasi.

Tadan-tadanya mudah diteliti. Jika sofa masih memiliki sisa dan dalam kondisi yang masih bagus, serta dapat dengan mudah dilepas dari bantal kursi, inilah waktu yang baik untuk memperbaikinya. Serahkan ke ahlinya.

Busa sofa dapat dilapisi dengan sisipan bantal. Bisa menggunakan busa padat yang dipotong sesuai ukuran. Untuk menambahkan sedikit lebih banyak penyangga pada bantal kursi, ukur panjang sofa antara lengan samping dan kedalaman area tempat duduk.

Potong kayu lapis setebal setengah inci agar sesuai dengan ruang dan letakkan di bawah bantal. Tanda selanjutnya adalah sofa dalam keadaan sudah berbau. Macam-macam penyebab timbulnya bau.

Artikel Lainnya