Perlu Hati-hati Merawat Kucing Tanpa Bulu, Jenis Sphynx Tetap Butuh Mandi

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Sepicat.

Salah satu daya tarik kucing selain wajah adalah bulu. Bahkan ada beberapa jenis kucing yang memiliki harga mahal, lantaran bulunya yang indah.

Sebut saja norwegian forest cat, bobtail, dan persia adalah jenis kucing dengan bulu indah. Nama-nama tersebut umumnya memiliki harga yang cukup mahal.

Tapi ada beberapa jenis kucing yang mahal lantaran tidak memiliki bulu. Salah satunya adalah jenis sphynx. Jenis ini menjadi satu-satunya kucing botak alias tidak berbulu. Selain itu ras ini memiliki telinga yang berbentuk segitiga. Itu salah satu daya tarik yang unik.

Lalu mudah gak sih merawat kucing tanpa bulu? Nggak hanya itu, perawatan kucing yang berharga fantastis ini juga nggak sama dengan kebanyakan kucing lain.

Mengutip Merdeka, kucing juga menghasilkan minyak di kulitnya. Pesis seperti manusia, Sayangnya, ras yang tidak berbulu kesulitan mengatasi tumpukan minyak pada kulit.

Oleh karena itu, pemiliknya harus konsisten memandikannya minimal sekali dalam seminggu dengan air hangat dan sampo hewan peliharaan. Gaes, sabun atau samponya harus bebas dari pewarna dan pewangi.

Bilas hingga benar-benar bersih. Sebab sisa sampo yang tertinggal di kulit dalam waktu lama dapat menyebabkan iritasi. Tepuk lembut dengan handuk bersih hingga kering, untuk mencegah bau, tumbuhnya jamur, hingga gatal-gatal.

Bukan hanya berminyak, kulit kucing bisa muncul komedo dan jerawat akibat jadwal mandi yang kurang rutin.

Jika menemukan masalah ini pada hewan peliharaan, bersihkan area kulit dengan air hangat dan sabun antibakteri yang lembut.

Selain itu, konsultasikan pada dokter untuk membantu mengatasinya agar terhindar dari gatal dan radang.

Artikel Lainnya