Perlu Hati-hati, Mengonsumsi Daging dalam Jumlah Besar Rentetannya Panjang

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Selain opor ayam, daging sapi maupun kambing juga menjadi salah satu menu andalan ketika lebaran. Biasanya dijadikan sate, gulai, rendang, rawon, soto, hingga sup.

Memang daging sapi dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Tak heran, jika menu berbahan daging selalu diburu oleh sanak keluarga.

Selain itu, mendapatkan daging sapi ketika lebaran cenderung mudah. Anda dapat mencarinya di pasar tradisional maupun pusat perbelanjaan.

Walaupun daging sapi dapat memberikan berbagai manfaat, tetapi jika mengonsumsi berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Nah, berikut rentetan dampak negatif daging sapi jika terlalu banyak saat mengonsumsi yang sudah dirangkum Kumparan.

Menurut penelitian dari University of Connecticut, terlalu banyak memakan daging dapat menyebabkan dehidrasi karena protein tinggi menyebabkan ginjal memproduksi urine yang lebih pekat.

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering, nafsu makan bertambah, dan tubuh mudah lemas. Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Siapa sangka mengonsumsi terlalu banyak daging bisa bikin bau badan. Studi yang dipublikasi di jurnal Chemical Senses menunjukkan bahwa orang yang tidak memakan daging memiliki bau badan yang lebih baik daripada orang yang terlalu banyak memakan daging.

Menurut ahli diet Jenn LaVardera, terlalu banyak memakan daging dapat menyebabkan sembelit karena daging tidak memiliki serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Untuk mencegah sembelit setelah banyak memakan daging, kombinasikan masakan dagingmu dengan banyak sayuran dan buah-buahan.

Tak hanya itu, lemak jenuh dalam daging bisa membahayakan pembuluh darah kecil pada mata sehingga dapat meningkatkan risiko kerusakan penglihatan, kata ahli gizi Julie Upton.

Terlalu banyak mengkonsumsi protein dapat menyebabkan kehilangan kalsium yang penting untuk kekuatan tulang. Karena itu, saat mengkonsumsi daging dalam jumlah yang banyak, maka asupan kalsiumnya juga harus diperhatikan.

Artikel Lainnya