Perbanyak Konsumsi Cabai dan Kopi, Bisa Turunkan Berat Badan, Sekaligus Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Klik Dokter.

Bukan pekerjaan gampang menurunkan berat badan. Butuh perjuangan dan waktu yang panjang. Apalagi usai melahirkan, proses penurunan berat badan bisa lebih berat.

So, menurunkan berat badan banyak yang terjebak diet. Malahan ada yang tersiksa dengan proses diet. Mengurangi dan memilah makanan, hingga menentukan nutrisi yang cocok.

Memperhatikan makanan memang penting. Satu hal yang tidak kalah penting adalah mengetahui makanan yang dikonsumsi berperan aktif atau tidak dalam meningkatkan metabolism tubuh.

Seperti yang disampaikan ahli nutrisi asal UCLA, David Geffen School of Medicine, Zhaoping Li, MD, PhD melalui CNN Indonesia.

Dia mengatakan bahwa cabai mengandung senyawa capsaicin yang dapat meningkatkan metabolisme. Senyawa yang ada di dalam cabai dikenal sebagai pemberi efek rasa pedas.

Sebuah studi tahun 2017 melaporkan, capsaicin mengaktifkan reseptor TRPV1, yang terlibat dalam metabolisme, berat badan, dan thomeostasis energi untuk mengeluarkan energi.

Sebagai bonus tambahan, cabai juga dapat menekan nafsu makan, yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Dalam penelitian kecil tahun 2014 ditemukan bukti mengonsumsi satu dosis capsaicin setiap kali makan menghasilkan rasa kenyang yang lebih besar.

Li kemudian menyarankan kita untuk menambahkan cabai ke dalam hidangan sayuran dan daging untuk mendapatkan manfaatnya. Tenang, jika tidak suka makanan pedas, bisa menggantinya dengan suplemen yang mengandung capsaicin.

Hal yang tidak kalah penting adalah kafein. Kandungan di dalam kopi ini sering dikaitkan bisa menurunkan berat badan. Kafein juga bisa membantu meningkatkan metabolism tubuh.

Li mengatakan, kandungan kafein meningkatkan dopamin dan noradrenalin, dua neurotransmiter yang dapat meningkatkan metabolisme.

“Konsumsi kopi dalam jumlah sedang mungkin memiliki beberapa efek menguntungkan pada penurunan berat badan dan asupan kalori,” Li menjelaskan.

Demikian penuturan ahli diet terdaftar di Baylor College of Medicine, Roberta Anding soal kopi yang bisa menurunkan berat badan.

Sebetulnya cukup banyak beberapa makanan dan minuman yang bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Intip di tautan berikut.

Artikel Lainnya