Penumpang Menggerutu, Penerbangan Dibatalkan, Bandara Banyuwangi Ditutup, Akibat Semburan Abu Vulkanik Raung

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Beritajatim.com.

Sejumlah penumpang pesawat di Bandara internasional Banyuwangi terlihat kecewa. Mereka turun setelah mendapat pengumuman dari operator pesawat, Citylink tujuan Banyuwangi-Jakarta, bahwa bandara ditutup, Senin 8 Februari 2021.

Penutupan itu tidak lepas dari aktivitas Gunung Raung yang menyemburkan abu vulkanis setinggi 2.000 meter dari bibir kawah. Gunung Raung yang berada di Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso, itu memang terlihat aktif dalam beberapa hari. Bahkan sehari sebelumnya mengeluarkan abu vulkanis ke arah timur dengan ketinggian 1.000 meter dari bibir kawah. 

“Kita keluarkan notice to airmen (NOTAM), yakni close bandara karena hasil observasi dari paper test menunjukkan hasil positif abu vulkanik,” kata Executive General Manager PT Angkasa Pura II, Kantor Cabang Banyuwangi, Cin Asmoro, dikutip dari Beritajatim.

Sebelumnya, lanjut Cin, bandara sempat dibuka pada pagi hari. Bahkan, satu maskapai dari Surabaya ke Banyuwangi dan berlanjut ke Denpasar berjalan normal.

“Kita lakukan observasi kembali, satu penerbangan berjalan normal. Tapi satu penerbangan yang sedianya akan berangkat, kita lakukan observasi dan ternyata hasilnya positif," lanutnya.

Menurut Cin Asmoro, Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya telah mengambil keputusan final bahwa bandara close mulai pukul 08.37 WIB. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi enam jam ke berikutnya untuk membuka kembali bandara.

Sejumlah penumpang mengaku baru mendapat informasi penutupan saat berada di dalam pesawat. Bahkan ssaat itu pesawat tinggal menunggu take off dari bandara.

“Saya tujuan Jakarta, kalau tujuan akhir Medan. Kita minta refund karena belum ada kejelasan sampai kapan ditutup. Rencananya pindah jalur darat via Surabaya,” ujar Antoni salah seorang calon penumpang.

Artikel Lainnya