nyedulur.com

Pentingnya Anak Diajari Manajemen Keuangan, Kelola Investasi Jangka Panjang

Liputan6
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati. Tetapi orang tua kerap alpa dalam hal pengelolaan keuangan kepada anaknya.

Banyak ditemui kesalahan umum tentang uang yang dilakukan orang tua. Inilah perlunya mengajarkan pengelolaan keuangan yang baik dengan benar.

Dilansir dari Liputan6, orang tua harus jujur mengenai kondisi keuangan keluarga. Pastinya juga harus memberi tahu kepada anak, apa yang mampu dan tidak mampu untuk diberikan.

Jangan menuruti semua keinginan anak. Apabila kerap dituruti, anak tidak akan peduli kondisi keuangan keluarga. Namun jika ada penjelasan logis kepada anak-anak, kemungkinan besar mereka bisa memahami dan menghargai uang.

Anak-anak juga perlu diberi tahun cara menabung demi kebutuhan jangka panjang. Dengan demikian, anak diajarkan pola pembiayaan.

Misalnya untuk pendidikan, membeli rumah, dan kebutuhan lain yang lebih besar. Dengan begitu, mereka akan paham membiayai pendidikan tidaklah mudah.

Anda pasti senang jika melihat diskon hingga puluhan persen. Apalagi untuk kebutuhan anak dan rumah tangga.

Namun kebiasaan tersebut sangat merugikan keuangan keluarga. Perlu ada arahan kepada anak-anak agar tidak tergiur dengan barang diskon. Sederhananya perlu ada komunikasi antara orang tua dan anak soal duit.

Artikel Lainnya