Penting, Kenali Cara Bersihkan Noda di Tas Atau Sepatu Bahan Suede

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Gaya fashion setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang suka tampil casual, ada yang ingin trendy, glamor, hingga stylish. Ada pula mengandalkan pakaian yang melekat di tubuhnya.

Bagi yang suka dengan gaya stylish, item fashion tas dan sepatu kerap seirama. Baik warna maupun desainnya kerap seragam. Lumayanlah, untuk menjaga penampilan. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan.

Walaupun demikian, tidak semua barang fashion dapat dibersihkan dengan cara yang sama. Tergantung jenis dan bahan barang. Contohnya tas dan sepatu yang terbuat dari bahan suede.

Dilansir dari Kompas, suede adalah salah satu bahan kulit yang paling sulit dibersihkan. Bahannya halus dan memiliki daya tahan yang baik. Namun perlu perawatan dan penyimpanan yang baik.

Untuk menghilangkan kotoran dan pasir, sikatlah permukaan barang berbahan suede dengan sikat gigi kering.

Dan untuk menghapus noda tertentu, bisa menggunakan penghapus khusus berbahan suede. Penghapus ini mudah didapatkan secara online. Selain penghapus berbahan suede, penghapus pensil biasa juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda.

Untuk noda kering yang membandel, cobalah menggunakan cuka putih. Oleskan sedikit cuka putih pada noda dan gosok dengan kain. Ulangi hingga noda hilang.

Jika ada cairan yang tumpah ke barang berbahan suede, segera keringkan dengan handuk atau tisu tebal.

Lalu aplikasikan bedak pada noda dan simpan semalaman. Setelah bedak mengering, sikat noda hingga bersih. Ada pula langkah-langkah lain yang bisa dilakukan.

Artikel Lainnya