Penting! Jangan Buang Ampas Kopi, Manfaatnya Luar Biasa, Kaya Kandungan Nitrogen

Nyedulur
  • 16 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Memulai aktivitas dengan kopi sangat penting. Terlebih bagi coffee lover, kopi tidak bisa ditinggalkan di pagi hari atau sore. Kopi seolah-olah sudah menjadi doping.

Bahkan kaum milenial lebih akrab bila mengajak nongkrong di kedai kopi kekinian. Kegiatan ini sudah menjadi hal biasa dan marak dilakukan.

Nah, bagi Anda pecinta kopi sepatutnya harus tahu jika bubuk kopi atau ampasnya dapat bermanfaat. Jadi jangan dibuang setelah selesai meminumnya. Juga jangan diminum lagi.

Dilansir melalui Detik, ampas kopi bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos yang berguna untuk kesuburan tanaman. Ampas kopi bahkan masuk ke dalam kategori kompos hijau yang berarti memiliki kandungan nitrogen yang kaya.

Secara nutrisi ampas kopi juga telah terbukti memiliki banyak mineral baik yang berguna untuk kesuburan tanaman. Ampas kopi mengandung magnesium, kalsium, potasium dan mineral-mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tumbuhan.

Mencampurkan ampas kopi, daun kering, kertas penyaring kopinya hingga koran bekas akan baik untuk mneyeimbangkan komposisi material pupuk kompos. Cara membuatnya pun cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Pertama-tama siapkan bahan-bahan kompos seperti ampas kopi, daun kering, kertas penyaring kopi dan koran bekas. Buat perbandingan 4:1 antara bahan organik dan non-organik. Kemudian simpan dalam wadah tertutup dan diamkan beberapa waktu hingga semua bahan hancur dan menyatu.

Setelah ampas kopi ini siap, pupuk komposnya kemudian bisa langsung digunakan. Gemburkan sedikit tanah pada bagian bawah tumbuhan, tambahkan secukupnya ampas kopi dan jangan sampai menutupi setengah dari tinggi batang tumbuhan.

Kandungan pH yang netral membuat ampas kopi mampu menyeimbangkan keasaman tanah. Selain itu, ampas kopi sangat digemari oleh cacing yang juga bisa membantu menyuburkan tanah dan tumbuhan.

Lain halnya dengan cacing, hama dan hewan pengganggu justru benci dengan aroma ampas kopi. Serangga, lebah bahkan kucing yang suka buang air sembarangan pada tumbuhan akan benci ketika mencium bau kopi dari dalam pot.

Cara ini merupakan cara yang cukup cerdik untuk melindungi tanaman dari gangguan hewan-hewan. Ketika bebas dari gangguan, maka tanaman akan mampu tumbuh dengan baik dan sehat.

Jika menggunakan ampas kopi hanya memiliki sedikit kadar asam. Bubuk kopi yang masih segar ternyata memiliki kandungan asam yang lebih tinggi dan beberapa tanaman membutuhkan kandungan asam tersebut.

Artikel Lainnya