Penting Gaes, Tips Pemilihan dan Perawatan Kaca Flim Mobil di Musim Hujan

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Ancaman kecelakaan lalu lintas bisa lebih tinggi memasuki musim hujan. Itu sebabnya perlu perawatan berkala terhadap kendaraan roda dua maupun empat. Utamanya mobil yang sering terhalang masalah visibilitas saat hujan turun cukup lebat.

Belum lagi masalah jalan yang licin, pembatasan kecepatan, masalah ban, hingga kepadatan lalu lintas. Situasi hujan deras membuat risiko kecelakaan cukup tinggi.

Untuk itu perlu melakukan perawatan berkala terhadap kendaraan. Mengutip Liputan6, pemilihan kaca film menjadi salah satu yang tidak kalah penting. Pemilihan yang tepat bisa mengurangi potensi kecelakaan akibat gangguan visibilitas.

Head of Aftersales PT V-KOOL Indo Lestari, Billy Susanto menyebut, memperhatikan visibilitas sangatlah penting. Sebab masalah ini membuat pengendara bisa fokus dalam berkendara.

“Kalau visibilitas tidak bagus, maka otomatis membuat kewaspadaan berkendara akan berkurang,” terang Billy dalam keterangan resminya.

Dia memberikan sedikit tips dan trik terkait pemilihan dan perawatan kaca film mobil. Sebelum masuk ke penjabaran mengenai pemilihan dan perawatan kaca film, dirinya mewanti-wanti mengenai kondisi kaca mobil itu sendiri.

“Pastikan kaca mobil tidak berembun ketika berkendara saat hujan,” katanya.

Dirinya menjelaskan, kaca mobil yang berembun ketika hujan dapat mengganggu pandangan pengemudi serta dapat berakibat bahaya.

“Akibatnya pandangan jadi buram, sehingga Anda sulit melihat dengan jelas dan berpotensi menabrak," ujar Billy.

Menurutnya, AC yang tidak dapat menyala dengan maksimal membuat suhu kabin jadi sedikit lebih hangat ketimbang suhu luar sehingga embun menyelimuti kaca dalam.

Jika kondisi seperti ini, dia menyarankan agar pemilik mobil segera melakukan perawatan atau perbaikan agar embun di kaca tak lagi muncul.

“Lakukan penggantian karet wiper yang sudah getas atau perbaiki AC bila embusannya sudah kurang sejuk,” jelasnya. Sebetulnya masih banyak tips yang perlu dilakukan pada saat musim hujan. Berikut tipsnya.

Artikel Lainnya