nyedulur.com

Penting Gaes, Hindari Bahaya Dicakar dan Digigit saat Mandikan Kucing, Ikuti Petunjuknya

Nyedulur
  • 18 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Martha Stewart.

Kucing salah satu hewan peliharaan yang tidak suka air. Itu sebabnya memelihara akucing cukup mudah. Tidak perlu repot untuk memandikan. Sebab, kucing bisa membersihkan tubuh sendiri secara rutin.

Namun demikian, ada beberapa pertimbangan yang membuat kucing tetap harus dimandikan. Misal karena adanya kutu, terkena infeksi, atau cairan asing yang menempel di tubuh, dan biasanya terkena oli kendaraan atau cat.

Di luar itu, kucing tua dan kucing gemuk juga perlu mandi lebih sering. Sebab, kucing-kucing dalam kategori ini mungkin tidak dapat merawat badan dengan benar dan lengkap.

Mengutip Kompas, itulah sebabnya kucing perlu mandi sesekali untuk menjaga kesehatan bulu dan kulitnya.

Oh iya, berbeda dari kucing kebanyakan, kucing yang mengalami radang sendi malah menyukai mandi. Biasanya kucing seperti ini mandi dengan air hangat dan pijatan dengan sampo untuk memberi rasa enak di badan.

Nah, jika memandikan kucing menjadi pilihan yang harus dilakukan, perlu mengetahui beberacapa cara.

Biasanya, kucing akan gelisah direndam di air yang dangkal. Hal yang harus diperhatikan adalah membuat kucing rileks dan tidak stres. Kita bisa mencoba membujuk kucing keluar dari kandangnya dengan camilan.

Sebaiknya pula, siapkan bak mandi sebelum membawa dan meletakkan kucing di kamar mandi. Sebab, suara air mandi bisa memekakkan telinga dan menakutkan bagi kucing yang kelelahan.

Tidak bisa dipungkiri, memandikan kucing bisa menjadi rumit. Tetapi dengan kudapan bisa mengalihkan perhatian kucing. 

Nah, untuk mempermudah proses ini, cobalah bermain dengan kucing dulu agar dia lelah. Jangan lupa untuk tetap bersikaplah lembut.

Hal yang tidak kalah penting adalah memerhatikan sampo kucing. Memandikan kucing jangan menggunakan sampo yang biasa digunakan manusia. Karena, pH sampo manusia berbahaya bagi kucing. Cobalah membeli sampo di pet shop atau pengecer.

Langkah selanjutnya, isilah bak mandi dengan air hangat, kira-kira setinggi delapan centimeter, dan mulai menggosoknya. Ingat, air yang terlalu panas bisa melukai kucing, terutama jika bulunya lebih sensitif dari biasanya.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan adalah, ras kucing yang berbeda mungkin memerlukan mandi lebih sering daripada yang lain.

Artikel Lainnya