nyedulur.com

Pengadilan Sosial Jauh Lebih Kejam, Psikolog Ingatkan Dampak Psikologis Kasus Asusila, Termasuk Gisel

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Padang Kita.

Kasus tindak asusila terhadap perempuan masih marak. Sebuat saja kekerasan asusila yang menyasar anak kecil hingga ibu-ibu rumah tanga. Bagi korban asusila, hal ini bisa menyebabkan gangguan mental. Bahkan, yang terparah, adalah bunuh diri.

Kasus asusila yang menyeret Gisel, yang saat ini sedang menjadi buah bibir terkait video mesumnya. Bukan tak mungkin dia bisa mengalami tekanan batin yang luar biasa akibat cemoohan warganet.

Mengutip Sindo, Psikolog Klinis dan Forensik, Kasandra Putranto yang mengungkapkan secara umum, kasus ini harus dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi psikologis yang bersangkutan. Termasuk dampak terhadap putrinya.

“Ketika seorang perempuan menjadi tersangka kasus, hampir dapat dipastikan yang bersangkutan akan mengalami tekanan luar biasa,” terangnya dikutip Sindonews, Selasa 29 Desember 2020

Tekanan tidak hanya kepada dia sendiri maupun keluarganya. Apalagi jika kasusnya menjadi perhatian publik bisa berdampak luas.

Dalam kasus video intim yang beredar, sambungnya, masyarakat perlu mengetahui bahwa undang-undang secara jelas mengatur bahwa pelaku perekaman maupun penyebar akan terkena sanksi hukum, apabila ada unsur kesengajaan.

“Dalam kasus ini perlu ditunggu bukti pemeriksaan kepolisian apakah unsur kesengajaan itu terbukti,” ujarnya.

Dalam pandangannya, pada kasus yang sangat rentan terhadap perhatian publik ini sering kali muncul "pengadilan" yang justru lebih kejam.

Artikel Lainnya