Pendukung Trump Berbuat Onar, Terobos Gedung Capitol Hill, Senat Tetapkan Biden Pemenang Pilpres AS

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: AP Photo.

Pendukung Presiden Donald Trump membuat kekacuan. Mereka berkumpul di depan Gedung Capitol Amerika Serikat. Para pendukung ini tidak puas atas hasil pemilihan presiden AS tahun lalu.

Para loyalis ini bergerombol dengan satu tujuan. Menggagalkan rapat senat, sekaligus menganulir Pemilihan Presiden (Pilpres) AS 2020.

Bahkan sejumlah pendukung Donald Trump menumpahkan ketidakpuasannya dengan melakukan keributan. Di antaranya ada yang merusak fasilits, merobohkan pagar, hingga memanjat gedung. Kok mirip di Indonesia, ya.

Meski demikian, Senat AS tetap berkumpul ke dalam ruang sidang. Para senat tetap mengesahkan kemenangan Presiden AS terpilih Joe Biden.

Wakil Presiden AS, Mike Pence, yang juga menjabat Presiden Senat AS, memimpin jalannya sidang pengesahan kemenangan Biden pada Rabu 6 Januari 2021 waktu setempat.

Sebagaimana dikutip dari AFP melalui Detik, Pence sempat dievakuasi ke lokasi aman saat para pendukung Trump menerobos masuk ke dalam Gedung Capitol dan melakukan perusakan.

Dalam pernyataannya, setelah kembali ke dalam ruang sidang di Gedung Capitol, Pence menegaskan bahwa kekerasan tidak akan pernah menang.

“Saat kita berkumpul kembali di ruangan ini, dunia akan kembali menyaksikan ketahanan dan kekuatan demokrasi kita,” ucap Pence saat kembali memimpin jalannya sidang.

Artikel Lainnya