Penasaran Tinggal di Korea? Perhatikan Ini dan Biaya Hidup yang Dibutuhkan

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Expat Guide Korea.

Menjamurnya industri hiburan Korea Selatan membuka wahana baru. Salah satunya adalah paket wisata. Cukup banyak perusahaan wisata yang membuka kesempatan jalan-jalan ke Negeri Ginseng.

Tapi kemudian banyak yang ingin menetap dan tinggal di Korea Selatan. Salah satu alasannya adalah ingin menempuh pendidikan atau melanjutkan karir. Tapi ada pula yang ingin melihat oppa-oppa (sebutan laki-laki di Korea Selatan) ganteng.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan bila ingin tinggal Korea. Biaya hidup, budaya, makanan, kebiasaan masyarakat dan masih banyak yang perlu dipelajari. Semuanya beda, gaes.

Oleh karena itu buat para Chingu (teman) yang ingin tinggal di Korea dan butuh perkiraan biaya, berikut survei yang sudah dilansir dari Namsan Korea.

Jika Anda seorang mahasiswa dan ingin mengambil studi, lebih baik tinggal di asrama. Biasanya cukup banyak asrama yang dekat dengan kampus dan terbuka, baik untuk mahasiswa Korea ataupun internasional.

Untuk ukuran, harga, dan fasilitas asrama ini beragam. Meskipun ada yang bisa ditempati sampai enam orang, umumnya gisuksa hanya ditempati dua orang saja.

Ada juga satu kamar tidur yang memiliki kamar mandi di dalam, dan ada yang tidak. Di dalam satu kamar terdapat kasur, lemari, meja belajar, kursi, dan kulkas kecil. Untuk fasilitas di gedung asrama sudah ada gymnasium, laundry room, cafe, mini mart, dan dapur bersama.

Kisaran harga sewa kamar yaitu 150.000-600.000 won per bulan atau (sekitar Rp1,8 hingga Rp7,5 juta) dan tidak mengenal sistem deposit.

Selain itu, ada beberapa universitas yang memberikan potongan harga akomodasi bagi mahasiswa internasional. Jadi, bisa dipastikan akan lebih menghemat, karena tidak perlu uang transportasi untuk ke kampus.

Namun bagi Anda yang tidak suka tinggal di asmara atau seorang pekerja, cobalah tinggal di One Room. Biasanya terdapat satu ruangan saja yang di dalamnya sudah tersedia tempat tidur, kursi, meja, lemari, kamar mandi, mesin cuci, dan pantry. Untuk ukuran one room juga bervariasi.

Umumnya sistem pembayaran one room ini menggunakan sistem deposit dengan jumlah yang cukup besar yaitu mulai dari 1.000.000 won (Rp12,6 juta). Semakin besar deposit yang diberikan, semakin kecil pula biaya sewa bulanannya.

Deposit tersebut diberikan kepada pemilik di awal penyewaan dan akan dikembalikan ketika kontrak berakhir.

Biaya sewa satu unit one room juga bervariasi, mulai dari 250.000 won per bulan (Rp3,1 juta) hingga di atas 1.000.000 won per bulan, dan biasanya sudah termasuk fasilitas tambahan seperti listrik, gas, dan wifi.

Untuk transportasi di Korea bisa dibilang terbaik di dunia. Maka jangan sungkan untuk menggunakan subway ataupun bus. Detailnya coba cek di sini, gaes.

Artikel Lainnya