nyedulur.com

Penasaran dengan Hantu, Gunakan Cara Sains untuk Melihatnya

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kapan Lagi.

Hantu. Mendengarnya bisa membuat bulu kuduk merinding. Bisa juga membuat penasaran. Seperti apa wajahnya? Makhluk ini masih timbul perdebatan. Benar-benar nyata atau fiksi.

Bagi sejumlah kelompok masyarakat masih mempercayai hantu ada. Beberapa kelompok lain menyebut hantu adalah manusia yang mati misterius atau mati penasaran. Ada pula yang menyebut hantu adalah orang mati, namun belum diterima Tuhan. Sementara jasadnya sudah hancur. Macam-macam pandangannya.

Tidak sebatas di Indonesia, masyarakat di Afrika, Eropa, Amerika Serikat, dan negara-negara maju masih mempercayai hantu ada. Perdebatan tentang hantu tidak pernah berhenti.

Terlepas dari, hantu dari kacamata sains sebetulnya bisa dilihat. Kok bisa? Ada metode ilmiah yang bisa digunakan untuk membuktikan hantu bisa dilihat.

Dilansir dari IDN Times, orang yang tidak memiliki nyali, sebaiknya abaikan. Pasalnya, menurut sains, tempat yang memiliki medan elektromagnetik kuat dapat menyebabkan seseorang mengalami halusinasi.

Nah, halusinasi tersebut akan sangat tampak nyata karena kondisi otak yang terpapar gelombang elektromagnetik menjadi kacau. Dampaknya bisa melihat hantu. Itu di belakangmu.

Uniknya, menurut penelitian dan studi yang dilakukan beberapa ilmuwan telah membuktikan bahwa penampakan hantu sangat berkorelasi dengan paparan medan elektromagnetik.

Seperti dibahas dalam laman Popular Science, memang ada alat elektronik yang diklaim mampu mendeteksi hantu. Nyatanya, masih dalam laman tersebut, hampir semua alat yang disebut tidak bisa menangkap objek misterius. Dan cenderung bersifat hiburan.

Ada cara lain. Cobalah berada di sebuah ruangan yang sepi dan gelap. Sementara ruangan tersebut penuh dengan gelombang elektromagnetik, penampakan hantu bisa dilihat. Itu menurut kajian sains.

Sebetulnya, para ilmuwan menerangkan penampakan itu tak lebih dari halusinasi yang disebabkan oleh kekacauan kinerja otak. Penyebabnya paparan medan elektromagnetik.

Studi mengenai medan elektromagnetik ini pernah dilakukan Michael Persinger, seorang ahli saraf asal Kanada yang tentu saja skeptis mengenai hantu.

Lagi-lagi, Anda tidak perlu melakukan hal konyol ini. Namun, jika memang penasaran, Anda bisa memaksa bangun tidur di jam-jam pada saat tertidur pulas dan mungkin merasa sangat lelah. Cobalah nanti malam.

Artikel Lainnya