Pemerintah sedang Baik, Beri Insentif Rp1 Juta, Catat Syarat dan Tanggal Pendaftaran Kartu Prakerja

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Sindonews

Kabar baik bagi yang belum mendapatkan pekerjaan. Di tengah pandemic Covid-19 yang sulit mendapatkan kerja ini, pemerintah tengah menyiapkan konsep. Apa itu?

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, pemerintah memiliki program kartu prakerja. Yakni sebuah program yang menerapkan syarat bagi penerima kartu prakerja pada 2021 untuk mendapat bantuan pelatihan sebesar Rp 1 Juta.

Mengutip Liputan6, Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, setelah pendaftar dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja, insentif sebesar Rp1 juta akan muncul di dashboard akun masing-masing.

“Tetapi sebelum bisa membelanjakan uang itu untuk membeli pelatihan, penerima wajib menonton tiga video induksi yang masing-masing berdurasi sekitar 2-3 menit," jelas Louisa.

Louisa menyatakan, ketiga video induksi ini wajib ditonton untuk membantu peserta memahami cara kerja program Kartu Prakerja, cara membeli pelatihan dan menautkan rekening.

Adapun ketentuan syarat tersebut hanya berlaku untuk dana bantuan awal Rp 1 juta saja. Sementara insentif lainnya masih pakai ketentuan sama dengan gelombang-gelombang sebelumnya.

Seperti diketahui, peserta terpilih Kartu Prakerja secara total akan mendapat dana bantuan sebesar Rp3,55 juta.

Rinciannya, peserta akan mendapat uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali.

Pemerintah telah kembali membuka pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang 13 pada Kamis 4 Maret 2021 pukul 12.00 WIB. Masih sama, kuota pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang ini 600 ribu orang.

Program Kartu Prakerja ditargetkan 2,7 juta peserta. Jumlah tersebut untuk semester I 2021. 

“Gelombang 13 mulai dibuka 4 Maret, pukul 12.00 WIB dengan kuota 600 ribu orang,” kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu.

Seperti diketahui, anggaran yang disiapkan mencapai Rp 10 triliun. Tidak menutup kemungkinan program kartu prakerja tersebut berlanjut di semester II.

Artikel Lainnya