nyedulur.com

Pemerintah Preteli FPI, Bubar Sejak Juni 2019, Dinyatakan Organisasi Terlarang

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Kompas.com.

Pemerintah mengumumkan organisasi Front Pembela Islam (FPI) terlarang. Pengumuman disampaikan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, bahwa FPI resmi bubar.

“FPI sejak Juni 2019 sudah bubar sebagai organisasi. Namun tetap melakukan aktivitas yang melanggar ketertiban dan keamanan, yang bertentangan dengan hukum, merazia, memprovokasi,” kata Mahfud MD dalam konferensi pers, Rabu, 30 Desmeber 2020.

Larangan ini berdasarkan perundang-undangan dan putusan Mahkamah Konstitusi. Adapun putusan MK Nomor 22 tanggal 23 Desember 2014, di mana pemerintah berhak menghentikan segala aktivitas FPI.

Pria kelahiran Sampang itu meminta TNI, Polri maupun pemerintah daerah untuk menolak setiap kegiatan yang diselenggarakan atas nama FPI.

“Pemerintah menghentikan segala kegiatan yang dilakukan FPI, karena tidak punya landasan sebagai ormas maupun organisasi,” Mahfud menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian; Kepala BIN, Budi Gunawan; Menkumham, Yasonna Laoly; Mekominfo, Jhonny Plate; Jaksa Agung Burhanudin; Kapolri, Jenderal Idham Azis; Panglima TNI, Marsekal Hadi Thajanto; Kepala Staf Presiden, Moeldoko; Kepala BNPT, Komjen Boy Rafly Amar; dan Kepala PPATK, Dian Ediana Rae.

Artikel Lainnya