nyedulur.com

Pemain Resah, Klub Gelisah, Kapan Kompetisi Liga Indonesia Diputar Kembali?

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: CNN Indonesia/Antara.

Mandeknya kompetisi sepak bola di Indonesia membuat pemilik klub gusar. Tidak ada pemasukan. Pengeluaran untuk gaji sudah pasti.

Dampak lain, sejumlah pemain memutus kontrak lebih awal. Masalahnya tidak ada kejelasan kapan kompetisi diputar sejak dihentikan pertengahan Maret 2020.

Hal ini yang mendorong Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) mendesak PSSI. Tentu saja segera mengumumkan nasib kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Pemain dalam kondisi dilematis. Beberapa masih bertahan di klub kendati kontraknya habis. Di sisi lain, pemain mau pindah belum ada kepastian kelanjutan kompetisi.

“Kami telah mengirimkan surat ke PSSI untuk mereka segera memutuskan status keberlanjutan kompetisi, apakah tetap lanjut untuk musim 2020 atau dihentikan dan dimulai musim kompetisi yang baru,” bunyi pernyataan resmi APPI.

Beberapa poin yang disampaikan APPI ke PSSI meliputi pemain yang telah diputus kontrak. Termasuk tim yang telah dibubarkan.

APPI juga mempertanyakan regulasi anyar. Beredar isu bahwa pemain tidak bisa pindah ke klub lain, dalam lanjutan liga nanti.

“Isu regulasi anyar ini dianggap melanggar aturan dalam RTSP (Regulations on the Status and Transfer of Players) FIFA,” ujar General Manager APPI, Ponaryo Astaman.

Sebelumnya Persebaya juga mempertanyakan kejelasan diputarnya kompetisi. Pertanyaan itu dituangkan melalui akun twitter mereka pada Selasa 5 Januari 2021.

Lalu kapan kompetisi sepak bola dalam negeri diputar? 

Artikel Lainnya