Pelit! Mulai 1 Juni, Tarik Tunai dan Cek Saldo Bank Plat Merah Dikenakan Biaya

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Polda Bali.

Teknologi anjungan tunai mandiri atau ATM telah berkembang. Dulunya ATM hanya untuk cek saldo, mentransfer, menarik uang, hingga membayar tagihan. Seiring dengan teknologi money digital, ATM sudah bisa menyetor uang. Nasabah tidak perlu repot ke bank.

Sejauh ini transaksi di ATM tidak dipungut biaya, alias gratis setiap transaksi. Kecuali transfer antabank, ya gaes. Sudah tahu, kan besaran biayanya?

Akan tetapi, belakangan ini tersiar kabar jika mulai 1 Juni 2021 beberapa ATM akan ada biaya untuk beberapa transaksi. Betul, cek saldo dan tarik tunai.

Diinformasikan Kompas, sejumlah bank milik negara atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) akan melakukan penyesuaian tarif transaksi tarik tunai dan cek saldo di mesin ATM Link.

Dilansir dari situs resmi, PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara Tbk, transaksi tarik tunai dan cek saldo yang dilakukan di ATM Himbara berbeda atau ATM Link Aja akan dikenakan biaya mulai 1 Juni mendatang.

Keempat bank pelat merah tersebut mematok biaya yang sama untuk transaksi cek saldo sebesar Rp 2.500 dan tarik tunai Rp 5.000 di mesin ATM Himbara yang berbeda dan ATM Link, dari semula Rp 0 atau gratis.

Dengan demikian, bila ingin bertransaksi cek saldo dan tarik tunai di ATM Bank Mandiri dengan menggunakan kartu debit BRI tidak lagi gratis.

“Dalam rangka mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi maka setiap transaksi cek saldo dan tarik tunai kartu BRI di ATM Bank Himbara atau ATM dengan tampilan ATM Link akan dikenakan biaya,” tulis BRI dalam situs resminya, Kamis 20 Mei 2021.

“Biaya transaksi ini akan didebet langsung dari rekening nasabah pada saat nasabah melakukan transaksi,” tambahnya.

Sementara untuk transaksi transfer, biaya antarbank melalui ATM Himbara atau ATM Link yang dipatok oleh keempat bank BUMN itu tidak mengalami perubahan, yakni sebesar Rp 4.000.

Selain itu, biaya transaksi selain menggunakan ATM Himbara atau ATM Link juga tidak mengalami perubahan, yakni untuk cek saldo Rp 4.000, tarik tunai Rp 7.500, dan transfer Rp 6.500.

Artikel Lainnya