Pelindo III Group Salurkan Plasma Konvalesen, PMI Surabaya: Ini Ide Gila

Nyedulur
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Nyedulur.

Sembilan karyawan PT Pelabuhan Indonesia III Grup bersama tujuh masyarakat menyumbangkan plasma konvalesen untuk penyembuhan covid-19. Plasma tersebut disumbangkan ke PMI Surabaya untuk disalurkan ke rumah sakit yang merawat pasien virus corona.

Direktur Utama Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (PHC) Abdul Rofid Fanani mengungkapkan kegiatan sosial ini bagian dari ulang tahun perusahaan ke-28. Pihaknya berharap kepedulian ini bisa membantu penyembuhan pasien yang terpapar virus corona.

“Kami melakukan aksi sosial sekaligus bentuk kepedulian Pelindo Grup membantu pasien yang dirawat di rumah sakit akibat covid-19,” kata Ivan, sapaan akrab Abdul Rofid Fanani, di kantor PMI Surabaya, Senin 30 November 2020.

RS PHC merupakan anak usaha Pelindo III yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Dalam hal ini PHC telah menyerahkan sembilan karyawan dari Pelindo III grup yang pernah menjadi penyintas covid-19. Kegiatan sosial ini diikuti 16 peserta yang semuanya pernah menjadi penyintas. 

Sementara itu, Ketua I PMI Surabaya, Tri Siswanto menyambut gembira langkah ini. Menurutnya Pelindo III Grup telah melakukan ide gila.

“Alhamdulillah bahwa Pelindo III Grup telah menularkan virus baik untuk seluruh kota, dan ini sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Terus terang saat ini permintaan plasma cukup tinggi dan kami tidak memiliki stok,” Tri Siswanto menjelaskan.

Dia menambahkan sejak sepekan terakhir ini bank plasma konvalesen sudah kosong. Sementara jumlah pendonor juga terbatas. Diterangkan Tri Siswanto setiap ada yang donor, plasma konvalesen ini langsung didistribusikan ke rumah sakit.

PMI menjelaskan bahwa pendonor konvalesen ini harus melalui beberapa persyaratan medis. Bahkan peserta di atas 100, belum tentu sepuluh persen akan lolos medis. Kosongnya bank plasma konvalesen ini disebabkan tingginya permintaan dan jumlah pasien yang dirawat di Surabaya.

Artikel Lainnya