Pedas dan Segar, Seperti Ini Cara membuat Kimchi Ala Drama Korea, Dijamin Tidak Mahal

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: 99.co.

Jajanan dan makanan dari Korea sudah mulai dikenal pecinta kuliner nusantara. Sebut saja kimchi, bulgogi, bibimbap, kimbap, hingga ramyun mudah dijumpai di berbagai daerah.

Begitu juga dengan jajanan khas Korea Selatan mulai dijajakan di Indonesia. Sebut saja tteokbokki, bungeoppang, odeng, gimbab, dan jajanan street food khas Korea pelan-pelan mulai digemari pecinta kuliner Tanah Air.

Sebelum pandemi Covid-19, cukup banyak pameran atau ajang eksibisi memamerkan kuliner khas Korea. Melalui ajang inilah kemudian publik mengenal apa saja yang dikonsumsi warga Korea. Tak jarang banyak yang mulai mencoba peruntungan dengan menjual kuliner ala Korea.

Kimchi misalnya, mudah dijumpai di sejumlah resto hingga PKL. Cukup banyak pedagang yang menjajakan kuliner dari Negeri Ginseng ini.

Sebetulnya tidak sulit untuk membuat kimchi. Malahan bisa kok, meniru resto ala Korea. Kelebihan membuat kimchi di rumah, bebas alkohol bagi umat Islam. Harganya relatif tidak terlalu mahal.

Begini caranya. Untuk membuat kimchi lobak, dibutuhkan bahan 1sdm gula, cabai bubuk secukupnya, 1 buah lobak putih, 2 siung bawang putih, ½ sdt garam, dan ½ ruas jahe.

Cara membuatnya sederhana. Kupas kemudian cuci dan potong lobak berbentuk dadu, setelah itu beri gula dan garam sesuai selera. Kemudian diamkan selama 20 menit, aduk setiap 10 menit.

Lalu campurkan lobak dengan cincangan jahe, bawang putih cincang, dan cabai bubuk. Selanjutnya, diamkan di suhu ruang satu sampai dua hari. Masukan ke lemari es.

Bagi yang suka pedas, cobalah membuat kimchi super pedas berikut ini. Siapkan tiga batang wortel, sebuah lobak, empat batang daun bawang, lalu potong seperti korek api, siapkan juga wijen secukupnya, satu ikat sawi putih, dan 250 gram garam.

Untuk bahan pasta cabainya, siapkan 750 ml air, dua sdm bawang putih, 65 gram tepung beras, satu sdm jahe cincang, 125 gram gula pasir, 300 cabai bubuk, dan 1/2 buah bawang bombay, iris tipis.

Cara membuatannya tidak rumit. Langkah pertama masak air dan tepung beras. Aduk sampai kental. Matikan kompor dan beri gula pasir, aduk rata.

Setelah didiamkan sampai dingin, beri bubuk cabai, jahe, bawang putih, dan bawang bombay. Aduk rata. lalu masukkan daun bawang, lobak, dan wortel. Aduk rata.

Setelah itu, cuci bersih sawi, kemudian potong kotak. Lumuri dengan garam sampai rata, masukkan sawi ke baskom, diamkan selama empat jam sampai sawi layu.

Selanjutnya, jangan lupa cuci sawi sampai bersih hingga tak ada garam yang tersisa. Lalu tiriskan. Lumuri sawi dengan cabai sampai rata dan campur dengan wijen.

Langkah terakhir, diamkan sawi beberapa hari. Kimchi sudah siap untuk disantap. Gampang, gaes.

Artikel Lainnya