Pedas dan Gurihnya Topokki, Mudah Dijajal, Bisa Jadi Teman di Awal Pekan

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Qraved.

Makin banyak saja jajanan Korea di tanah air. Banyaknya penganan asal Negeri Ginseng tak lepas dari serial drama korea. Cukup banyak jajanan hingga makanan yang dikonsumsi dalam tayangan tersebut.

Sebut saja kimchi maupun topokki. Keduanya cukup mudah dijumpai di berbagai drama korea. Malahan makanan ini mudah dijumpai di restoran hingga supermarket.

Topokki atau tteok-bokki tidak sulit mencari. Jajanan ini cukup banyak dijual lantaran digemari semua kalangan mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, banyak yang doyan. Bahkan sudah banyak street food yang menjajakan penganan Korea ini.

Ada pula yang mencari di eyang Google. Kemudian mengaplikasikan resep, menjajal, dan menjualnya. Anda juga tidak perlu repot-repot membeli topokki. Ada resep sederhana yang bisa dijajal di awal pekan yang sibuk ini.

Untuk bahan topokki siapkan 100 grm tepung beras, 1 sdm tepung tapioca, 1/2 sdt garam, 1 sdm minyak goreng, dan kurang lebih 1/2 gelas air panas.

Selanjutnya untuk bahan saus, siapkan 3 sdm saus sambal, 2 sdm saus tomat, kurang lebih 2 gelas air, 1 sdm maizena larutkan dengan 3 sdm air, 1 siung bawang putih, tambahkan sedikit bawang bombay cincang, dan 1/2 bungkus bon cabe.

Adapun cara membuatnya, campurkan tepung beras, tepung tapioka, terigu, lada, dan garam. Lalu aduk rata lalu masukkan air panas perlahan.

Aduk terus sampai adonan jadi kalis dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu bentuk adonan memanjang dengan diameter sejari.

Rebus pada air mendidih, tunggu hingga adonan mengembang dan mengapung baru tiriskan, jangan lupa untuk potong-potong menjadi kecil.

Untuk saus. Tumiis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan saus tomat dan sambal tambahkan air. Aduk rata beri garam dan gula serta bon cabe.

Masukkan potongan adonan tepung beras ke saus. Aduk2. Lalu tambahkan larutan maizena. Aduk lagi dan masak hinga matang dan mengental, sajikan dan taburi wijen atau daun bawang secukupnya.

Untuk mempercantik taburi daun bawang dan wijen diatas topokki dan sajian siap dihidangkan.

Ternyata mudah. Sekarang Anda sudah bisa mencicipi.

Artikel Lainnya