Paspampres Gadungan Dibekuk, Sepuluh Kali Lakukan Penipuan, Bawa Senpi untuk Selfie

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Gaes, menjadi anggota TNI itu kebanggaan. Apalagi dinasnya berada di lingkungan pejabat negara. Misalnya menjadi pengawal wali kota, gubernur, menteri, apalagi presiden.

Itulah yang dilakukan KN (39). Dia menyaru sebagai anggota Paspampres atau Pasukan Pengamanan Presiden. Gagah dan mentereng. Dia melengkapi diri dengan senjata api. Tapi itu hanya air soft gun.

Sudah lazim pemalsuan identitas itu disalahgunakan. KN memalsukan identitas untuk melakukan tindak kejahatan. Menipu melalui media sosial. Karuan saja dia berurusan dengan polisi.

“Pada saat penggerebekan, kami mengamankan satu pucuk senapan angin airsoft gun,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Burhanuddin, dikutip dari Kompas.

Beberapa atribut TNI ditemukan termasuk air soft gun. Senapan angin itu kerap digunakan untuk gaya-gayaan. Selfie, guna meyakinkan calon korban bahwa dia anggota TNI.

Modus KN adalah berpura-pura membeli motor yang dijual pemilik di media sosial. Saat akan bertransaksi, KN lalu membawa kabur motor korban.

Namun demikian, KN mengaku tidak pernah menggunakan senapan anginnya untuk mengancam korban. Dia hanya menggunakan senapan angin sebagai aksesoris. Untuk meyakinkan korban bahwa dia adalah anggota TNI.

Menurut Burhanuddin, pria ini sudah sepuluh kali melakukan penipuan. Modusnya seperti ini.

Artikel Lainnya