Nggak Usah Takut Gemuk, Ada Cemilan Sehat saat Malam Diserang Lapar

Nyedulur
  • 15 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Bukan hal yang aneh mengalami lapar di tengah malam. Namun banyak yang takut gendut bila makan tengah malam. Kondisi lapar tengah malam secara medis memang wajar.

Sebetulnya makan di tengah malam tidak selalu menimbulkan gemuk. Asalkan sesuai porsi dan yang dimakan juga tidak mengandung lemak, gula, atau gorengan.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2015 menemukan bahwa makan makanan kecil bergizi di malam hari bisa baik untuk tekanan darah, kolesterol, berat badan, dan resistensi insulin.

Mengutip CNN Indonesia, Anda juga harus tahu jika sebaiknya sebelum tidur kembali beri waktu satu jam agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan. Berikut beberapa camilan larut malam yang sehat.

Greek yoghurt cocok dikonsumsi di tengah malam. Makanan ini dikemas dengan protein, kalsium, dan probiotik.

Probiotik adalah bakteri sehat yang membantu membangun mikrobioma usus yang sehat. Bakteri sehat ini dapat memengaruhi segalanya mulai dari pencernaan hingga kekebalan tubuh.

Taburi mangkuk greek yoghurt dengan beberapa buah ceri untuk mendapatkan manfaat tambahan. Ceri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun Anda.

Selanjutnya ada edamame. Makanan ini merupakan sumber protein, serat, dan antioksidan rendah kalori. Ahli gizi di Long Island, Eleana Kaidanian menyarankan agar edamame dikukus atau dipanaskan dengan microwave, lalu dibumbui dengan sedikit perasan lemon atau kecap.

Edamame, menurutnya, juga bisa dipanggang jika Anda lebih suka mengunyah sesuatu yang renyah.

Oat adalah biji-bijian kaya serat yang dikaitkan dengan penurunan kolesterol, kontrol gula darah yang lebih baik, dan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung.

Kaidanian menyarankan memasak oat dengan air dan menambahkan biji chia ke dalamnya, untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.

Anda juga dapat memilih selai kacang yang mengandung protein dan lemak sehat. Selai kacang bisa dipsangkan dengan buah-buahan seperti apel, pisang, atau beri.

Coba tambahkan sejumput kayu manis ke dalamnya untuk menambah rasa. Kayu manis adalah antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Itu juga dapat membantu meningkatkan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Artikel Lainnya