Nggak Perlu Pakai Baju Ala Artis Korea, Ini yang Wajib Dikenakan saat Ngurus SIM

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) wajib dimiliki bagi yang sudah bisa mengendarai kendaraan. Minimal usia 17 tahun sudah bisa memiliki SIM.

Prosesnya cepat kok. Tergantung antrean juga. Jika antrean pendek, bisa memiliki SIM dan lekas pulang. Jika antrean panjang, siapkan uang jajan untuk beli minum dan kue.

Dalam prosesnya, mengurus SIM itu butuh beberapa syarat yang harus dipenuhi para pemohon. Mulai dari batasan usia, sehat jasmani dan rohani, lulus ujian teori dan praktik. Begitu juga dengan berkas administrasi yang dibutuhkan. 

Yang tak kalah penting adalah pakaian. Outfit! Pakailah pakaian yang sesuai dan sopan saat datang ke kantor Satpas.

Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Agung Permana mengatakan bahwa tak ada aturan spesifik yang mengatur pakaian bagi pemohon SIM.

“Sebenarnya sih, aturan detailnya seperti apa yang boleh itu tidak ada. Cuma yang penting ya itu rapi dan sopan,” kata Agung dikutip Kumparan.

Lebih lanjut, pemohon sebenarnya tak perlu menggunakan pakaian yang terlalu formal. Yang penting wajib menggunakan celana panjang dan jangan menggunakan kaus oblong.

“Jangan memakai celana pendek, harus celana panjang. Kalau bisa juga celana panjangnya yang rapi jangan jeans bolong-bolong. Lalu kausnya juga minimal kaus berkerah, yang rapi,” Agung menjelaskan.

Penggunaan pakaian rapi itu, lanjut Agung, sebenarnya tak jauh berbeda seperti aturan berpakaian ketika datang ke kantor-kantor instansi pemerintahan. Nah, sudah tahu kan. Nggak perlu pakai pakaian ala Korea atau baju pesta ke Satpas.

Artikel Lainnya