nyedulur.com

Nggak Perlu Capek Olahraga, Tirulah Melly Goeslaw, Turunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki

Nyedulur
  • 25 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Healthline.

Bisakah menurunkan berat badan dengan jalan kaki? Jawbannya bisa! Bila merujuk badan kesehatan dan asosiasi tenaga kesehatan di seluruh dunia, bahwa jalan kaki bisa menguntungkan kesehatan secara umum.

Hal ini dianggap bahwa olahraga jalan kaki setara dengan berlatih di pusat kebugaran. Namun dengan catatan, olahraga ini dilakukan secara rutin.

Menurut catatan CNN Indonesia, metode olahraga jalan kaki ini berhasil dibuktikan oleh Melly Goeslow dan Tya Ariestya. Keduanya sukses menurunkan berat badan secara drastis. Penasaran?

Cara yang disarankan adalah dengan berjalan kaki saat siang hari. Wuih, pasti ada yagn mengeluh panas. Tapi menurut penelitian yang diterbitkan International Journal of Endocrinology, orang dewasa yang kurang tidur dan terpapar cahaya redup setelah bangun memiliki konsentrasi hormon leptin yang lebih rendah.

Sementara itu, bagi yang terpapar sinar matahari yang cukup memiliki hormon leptin lebih tinggi. Hal ini bagus dilakukan agar dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Jika Anda berjalan 150 pon dengan cepat (sekitar 5 km per jam), bisa membakar sekitar 300 kalori setiap 60 menit.

Jika dilakukan selama 30 menit, tubuh bisa membakar lebih dari 1.000 kalori. Penelitian menunjukkan bahwa pengeluaran kalori mingguan semacam ini membantu Anda terhindar dari penyakit jantung dan mendapat berat badan ideal.

Sementara, menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, Fiastuti Isbandi Witjaksono dikutip dari video CNN Indonesia TV, efektivitas jalan kaki untuk menurunkan berat badan tetap bergantung pada kalori yang masuk dalam tubuh.

“Kalau ditanya apakah jalan kaki bisa membantu menurunkan berat badan, sebenarnya tergantung berapa banyak kalori yang masuk, berapa banyak kalori kita yang dibutuhkan untuk jalan kaki,” katanya.

Dia juga memaparkan bahwa dengan berjalan kaki, bisa meningkatkan kebutuhan energi. Dengan kata lain, menambah energi yang keluar.

“Jadi, kalau mau turun berat badan dari jalan kaki, jalan kakinya tentu harus cukup banyak,” pungkas Fiastuti.

Artikel Lainnya