Nggak Hanya Wanita Hamil, Ngidam Adalah Tanda-tanda Kesehatan Tubuh

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: iStock Photo.

Pernakah ngebet makan makanan tertentu dan tak tertahankan? Pada saat Anda hamil, bisa disebut ngidam. Wanita hamil kerap menginginkan makanan tertentu, dengan alasan buah hatinya yang membutuhkan.

Banyak pandangan soal ngidam. Ada yang menilai bahwa ngidam makanan disebabkan emosi atau pengalaman masa lalu dengan makanan tertentu.

Menurut para ahli kesehatan, ngidam menjadi sinyal yang diberikan oleh tubuh, bahwa tubuh sedang membutuhkan sesuatu, baik secara fisik maupun secara mental. Mengutip Detik.

Beberapa ngidam atau keinginan makan terkadang juga menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak baik atau perlu diperbaiki di dalam tubuh. Hal seperti ini penting untuk diketahui untuk memenuhi kebutuhan dan mengembalikan fungsi normal tubuh.

Garam atau sodium merupakan mineral esensial yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi otot. Jika tiba-tiba merasa menginginkan makanan yang cenderung asin, ini menjadi hal yang wajar.

Ngidam makanan bercita rasa asin, merupakan cara tubuh memberikan sinyal untuk memperbaiki ketidakseimbangan mineral di dalam tubuh. Hal ini bisa saja terjadi terutama ketika berkeringat atau setelah muntah

Selain itu, jika tiba-tiba terpikir dan ingin mengonsumsi makanan yang manis, tandanya tubuh sedang memberi sinyal terkait keadaan kadar gula darah dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kadar gula darah dalam tubuh sedang menurun.

Bahkan ketika kamu merasa kurang berenergi, ini juga menjadi sinyal yang diberikan tubuh bahwa persediaan gula darah sedang menipis. Untuk menyiasati agar tidak berlebihan, bisa dengan mengonsumsi karbohidrat yang lama dicerna.

Artikel Lainnya