nyedulur.com

Ngeri….Tujuh Gunung Erupsi Tahun Ini, Ada yang di Dasar Laut

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Hidup di cincin api Pasifik benar-benar membuat jantung berdebar-debar. Sebab ancaman bencana alam seperti gempa dan gunung meletus bisa terjadi sewaktu-waktu.

Indonesia yang berada di lingkar cincin api pasifik, juga memiliki gunung aktif membentang dari Sumatra hingga Nusa Tenggara. Sejumlah gunung aktif teresbut sewaktu-waktu bisa meletus.

Saat ini saja Gunung Sinabung dan Merapi mengeluarkan awan panas. Kedua gunung ini tergolong aktif di Indonesia. Belum lagi Anak Krakatau kerap mengeluarkan awan panas.

Masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut diimbau untuk selalu waspada. Pemerintah juga diminta aktif menyampaikan pengetahuan mitigasi bencana jika terjadi erupsi.

Dilansir dari IDN Times, beberapa gunung di belahan dunia lain seperti Filipina, Kosta Rika, Nikaragua, Prancis, Kepulauan Solomon, dan Jepang juga mengalami erupsi tahun ini.

Filipina dikejutkan dengan meletusnya Gunung Taal yang terletak di Batangas, pada 12 Januari 2020. Kawah utamanya memuntahkan abu dan berdampak pada kawasan Metro Manila, Calabarzon, hingga beberapa wilayah Central Luzon dan Ilocos.

Akibatnya, jadwal sekolah, kerja, dan penerbangan di area tersebut dihentikan. Gunung ini meletus setelah istirahat selama 43 tahun. Dilaporkan ada 39 orang tewas akibat letusan ini.

Alasannya, warga menolak dievakuasi dan justru kembali ke rumah masing-masing. Ada pula yang meninggal karena serangan jantung yang diakibatkan oleh kecemasan.

Selanjutnya Gunung Kuchinoerabu-jima, di provinsi Jepang. Meletus 3 Februari 2020 pukul 05.31 waktu setempat. Letusannya tergolong vulcanian eksplosif yang sanga kuat terjadi. Letusan ini menghasilkan asap abu setinggi 7.000 meter dan melayang ke arah Selatan.

Selain itu, terjadi petir vulkanik dan aliran piroklastik panas yang mengalir ke dasar kerucut disertai dengan letusan. Tidak ada evakuasi untuk 100 penduduk di pulau kecil tersebut karena material erupsi jatuh ke Pulau Yakushima. Simak di sini untuk melihat foto-fotonya.

Artikel Lainnya