Ngeri, Pantai Cantik di Jatim yang Kerap Dikunjungi Wisatawan, Juga Tempat Nyi Roro Kidul Mampir

Nyedulur
  • 2 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Malang Times.

Legenda Nyi Roro Kidul tidak bisa lepas dari pantai laut selatan. Konon wanita yang digambarkan sebagai ratu cantik yang selalu memakai pakaian serba hijau. Dan dia memiliki kerajaan di bawah laut.

Menurut cerita bertutur, Nyi Roro Kidul kerap meminta tumbal saat menikahkan anaknya. Tumbal tersebut umumnya dari pengunjung pantai laut selatan yang dipilih langsung Nyi Roro Kidul.

Biasanya pengunjung atau wisatawan yang dipilih karena ceroboh, tidak diawasi, memakai pakaian tertentu, melamun, dan masih banyak lagi.

Cukup banyak pantai yang dikaitkan dengan kehadiran sosok Nyi Roro Kidul. Tidak hanya di Parangtritis Yogyakarta saja. Ada beberapa pantai di Jawa Timur yang kerap disamperin legenda pantai selatan itu.

Mungkin belum banyak yang mendengar Gunung Kombang. Maklum gunung kombang adalah pulau kecil di tengah laut yang menghadap Pantai Ngliyep, Malang, Jatim.

Sementara di tengah pulau tersebut terdapat makam. Tidak banyak yang tahu siapa yang dimakamkan di tempat tersebut. Namun beberapa masyarakat kerap berziarah ke makam tersebut pada hari-hari tertentu.

Pantai Papuma menjadi daya tarik Jember. Bahkan keindahan pasir putihnya mampu mengalahkan panorama pantai Watu Ulo di kota setempat. Pantai Papuma juga punya ikon Siti Inggil yang tingginya meapai 25 meter.

Ombak di pantai ini cukup ganas. Itu sebabnya banyak yang menghubungkan dengan kunjungan Nyi Roro Kidul ke Papuma.

Mengutip IDN Times, Pantai Parang Kursi di Banyuwangi ini cukup indah. Tapi jarang dikunjungi wisatawan. Musababnya karena terdapat batu karang besar yang menyerupai kursi di tepi pantai. Batu besar itu konon singgasana Nyi Roro Kidul.

Peguruan Karate INKAI pernah berduka pada tahun 1982. Sebanyak 26 atletnya tenggelam terseret ombak di pantai Boom Banyuwangi. Saat ini banyak warga maupun wisatawan mendengar suara tangis arwah karateka INKAI yang tewas.

Menurut cerita bertutur dari warga setempat, ke-26 atlet ini diserbu jin. Adapun jin tersebut pengikut dari Nyi Roro Kidul.

Pantai mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi?

Artikel Lainnya