nyedulur.com

Ngeri, Norovirus Muncul di Indonesia Setelah Mewabah di Cina, Bagaimana Bahayanya?

Detik
  • 5 bulan yang lalu
  • arief

Belum tuntas Cina digoyang virus corona, kini penyakit lain muncul. Negeri Tirai Bambu itu dilanda norovirus. Setidaknya sudah ada 70 mahasiswa di Universitas Taiyuan yang dilaporkan terkena virus tersebut.

Sebenarnya penyakit ini bukanlah virus anyar. Tetapi harus tetap diwaspadai, baik penyebaran maupun penangannya. Faktanya penyakit ini sudah ada di Indonesia.

Diterangkan Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD(K) Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan bahwa penelitian sudah dilakukan Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga.

Kasus norovirus di Indonesia dimuat dalam Journal of Medical Virology Mei 2020 lalu. Peneliti menguji 91 sampel feses, hasil studi menemukan 14 sampel atau 15,4 persen di antaranya mengandung norovirus.

“Sampel penelitian yang dilakukan pada awal tahun 2019 lalu diambil dari beberapa RS di kota Jambi. Kasus yang sama juga pernah dilaporkan dari beberapa kota di Indonesia,” kata Prof Ari Fahrial, dikutip dari Detik.com.

Menurutnya, norovirus ini berbeda dengan virus corona atau biasa disebut SARS-Cov-2. Norovirus ditularkan melalui makanan. Istilah umum yang digunakan adalah food borne. Kejadian luar biasa bisa terjadi jika ada makanan yang tercemar virus ini.

Gejala yang ditimbulkan juga berbeda. Norovirus menyebabkan demam, nyeri perut, diare, mual dan muntah. Reaksi dan penanganannya bisa melihat di tautan berikut.

Artikel Lainnya