Ngeri, Honda Targetkan Triple Crown MotoGP 2021, Padahal Marquez Masih Cedera, Espargaro Belum Teruji

Nyedulur
  • 4 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST/Instagram.

Balapan MotoGP 2020 adalah musim yang buruk bagi Honda. Untuk pertama kalinya pabrikan asal jepang itu nirgelar sejak tahun 2013.

Capaian Honda pada musim lalu disebabkan absennya pebalap utama, Marc Marquez. Juara bertahan itu nyaris absen sepanjang musim. Sementara pebalap pendampingnya, Alex Marquez gagal menjadi harapan.

Dampaknya Honda hanya bisa menempati posisi kelima klasemen konstruktor, dari enam pabrikan. Mimpi yang buruk bagi Honda. Pun begitu podium yang diraih sangat jauh dari harapan.

Bandingkan dengan musim 2019. Di mana Honda bisa merebut gelar juara dunia melalui Marquez, gelar tim dan konstruktor turut direbut.

Kini Honda membidik musim 2021 dengan ambisi tinggi. Honda Racing Corporation (HRC) berharap bisa mengulang apa yang dicapai pada dua musim sebelumnya.

“Musim lalu kami mendapatkan hasil yang buruk. Tak boleh terjadi lagi. Target kami harus bisa merebut triple crown,” kata Presiden HRC, Tetsuhiro Hikita.

Dia tidak menampik musim lalu tidak mencerminkan kekuatan Honda sesungguhnya. Sepeninggal Marquez yang absen karena kecelakaan, tidak ada pebalap pengganti.

Ambisi itu dibarengi dengan merekrut pebalap anyar, Pol Espargaro. Sementara Alex Maquez harus rela kursinya diambil alih Espargaro.

Sejauh ini Honda sambil memantau perkembangan Marquez yang belum pulih dari cedera. Dia mengalami kecelakaan pada seri pembuka di Jerez. Hingga hari ini, belum ada perkembangan dari kondisi pebalap berjuluk Baby Allien itu.

Artikel Lainnya