Ngeri! Dua Warga Cina Bawa Corona Masuk Indonesia, Diisolasi di Jakarta, Kok Longgar

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Kedatangan warga negara asing ke Indonesia masih longgar. Kendati di tengah pandemi covid-19, warga Cina yang masuk Indonesia baru-baru ini mencapai 85 orang. Parahnya, dari 85 WN Cina dua di antaranya positif Covid-19.

Kedatangan 85 WN Cina ini menggunakan pesawat carter pada 4 Mei 2021 lalu. Sementara di dalam pesawat yang sama, terdapat tiga WNI yang masuk ke Indonesia.

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih mengungkap sejauh ini, ada dua warga negara Cina yang positif Corona masuk RI, dari total 85 orang.

“Data kedatangan dari Cina menggunakan beberapa penerbangan dengan waktu kedatangan yang berbeda. Dari keseluruhan yang sudah dilakukan swab pertama, terdapat dua orang positif tanpa gejala,” kata Benget mengutip Detik, Jumat 7 Mei 2021.

Kedua warga negara Cina tersebut kini tengah menjalani isolasi di salah satu hotel DKI Jakarta. Sampel keduanya juga langsung diambil untuk kemudian mengetahui apakah membawa varian baru corona Inggris, Afrika Selatan, atau India mutan ganda.

“Sudah diisolasi di hotel Hariston Bandengan di bawah pengawasan tim kesehatan dari Satgas Kemenkes,” tuturnya.

“Semua yang positif Covid-19 dengan CT Value di bawah 20 pasti dilakukan whole genome sequencing,” pungkasnya.

Adapun kedua warga negara tersebut adalah pria. Salah satu pasien terdeteksi positif pada swab pertama berusia 66 tahun. Sementara pasien corona lainnya terdeteksi Covid-19 di swab kedua berusia 31 tahun.

Belum lama ini Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara dalam keterangannya menjelaskan 85 WN Cina bersama tiga WNI berada dalam charter flight China Southern Airlines dengan nomor penerbangan CZ8353.

Pesawat tersebut terbang dari Shenzhen dan landing di Jakarta.

Artikel Lainnya