nyedulur.com

Ngeri, Corona Belum Tuntas, Balikpapan Diserang Virus D614G, Penularannya Lebih Cepat Covid-19

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Penanganan virus corona sejauh ini belum tuntas. Hampir seluruh provinsi di Indonesia kesulitan menangkis global pandemic yang disebabkan Covid-19.

Begitu juga dengan Kalimantan Timur yang penularan kasus Covid-19 terus bertambah. Malahan cepatnya penularan virus itu telah bermutasi, yakni virus jenis baru.

Mengutip Suara, mutasi virus corona diberi nama D614G. menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan kasus penularan virus jenis baru D614G terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

“Sekarang yang dominan bukan lagi virus Wuhan, tapi virus D614G yang memiliki sifat penularan sangat cepat,” katanya, Minggu 31 Januari 2021.

Dia menambahkan bahwa virus D614G penularannya lebih cepat. Yakni sekitar 3 hingga 4 hari. Lain halnya dengan virus Covid-19 di Wuhan Cina, yang membutuhkan 14 hari waktu penularannya.

“Ini berdasarkan hasil penelitian 11 laboratorium di Indonesia. Nah sekitar 75 persen yang kena sekarang, berasal dari virus itu (D614G),” Andy menambahkan.

Maka tak heran jika kasus di Indonesia terus melonjak. Termasuk di Kota Balikpapan, menurutnya, Kota Balikpapan memiliki karakteristik pergerakan atau mobilitas manusia yang tinggi. Dengan demikian, risiko penularan virus semakin tinggi.

Artikel Lainnya