Ngeri! 20 Ribu Lebih Warga Cina Masuk Indonesia Lewat Bandara Soetta, Ternyata....

Nyedulur
  • 19 hari yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Lalu lalang warga negara asing (WNA) selama pandemi Covid-19 masih tinggi. Kedatangan WNA masuk ke Indonesia cukup riskan mengingat pandemi belum kunjung tuntas.

Hal yang membuat miris adalah kedatangan warga asal Cina. Di mana virus corona berasal dari kota Wuhan, di negara tersebut.

Berdasarkan data dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) telah mencatat 74 ribu orang yang masuk. Angka itu dicatat sejak Januari hingga Mei 2021.

Sementara dari 74 ribu WNA yang masuk ke Bandara Soetta, didominasi WN Cina. Di mana warga dari Negeri Tirai Bambu itu tercatat 20.057 orang.

“Secara keseluruhan, untuk WNA yang masuk ke Indonesia kurang lebih ada 74 ribu, yang mana sekitar 20 ribu-nya itu WNA Cina,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto, mengutip VIVA Selasa, 25 Mei 2021.

Di mana warga negara asing yang tercatat mendominasi masuk ke Indonesia di antaranya Jepang dengan 7.713 penumpang, Korea Selatan 6.426, India 3.464 dan Amerika Serikat 3.229 penumpang.

“Mereka tercatat cukup mendominasi, dan kedatangan mereka pun masuk dalam aturan pemerintah, seperti menggunakan dokumen keimigrasian visa kunjungan, KITAS, KITAP serta sudah memenuhi persyaratan yang dilakukan pengecekan oleh pejabat imigrasi,” ujarnya.

Sementara itu tercatat juga sebanyak 17.370 WNA asal Cina keluar dari Indonesia melalui Bandara Soetta. Selanjutnya disusul WNA Korea 6.742, Jepang 6.657, Rusia 5.394 dan India 4.421 orang.

“Untuk keberangkatan para WNA itu dari Indonesia tercatat ada 73.939,” Romi menambahkan.

Sementara total keseluruhan kedatangan dan keberangkatan dari bulan Januari hingga Mei, sebanyak 148.642 orang. Di mana perlintasan mereka juga telah memenuhi ketentuan seperti memiliki KITAP atau KITAS.

Artikel Lainnya