nyedulur.com

Napas Bau Gegara Pakai Masker Seharian? Nggak Lagi Deh, Ini Caranya

Nyedulur
  • 3 bulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: Klik Dokter

Masker menjadi komponen penting pencegahan penularan Covid-19. Alat ini diharapkan bisa mencegah droplet dari lawan bicara, sebagai pemicu penularan virus corona.

Pada saat di luar rumah dan kantor itulah, masker wajib dikenakan. Bahkan pemerintah telah mengatur dalam bentuk perda agar setiap orang memakai masker baik di dalam mapun luar ruangan. Bila dilanggar, bisa kena denda maupun hukuman.

Mengenakan masker memiliki banyak tantangan. Ada yang tidak tahan karena merasa pengap. Ada pula yang menyebabkan iritasi kulit akibat tali masker. Satu lagi adalah masalah bau mulut.

Sebetulnya ada cara agar tetap merasa nyaman mengenakan masker sepanjang hari. Dilansir dari Fimela, pastikan tetap mengonsumsi ari putih. Minimal delapan gelar per hari. Seperti biasanya.

Saat mulut tertutup masker, mengonsumsi air putih kerap terabaikan. Dampaknya tubuh dehidrasi. Saat tubuh terdehidrasi, produksi saliva atau air liur yang mengandung zat antibakteri jadi berkurang. Inilah yang menyebabkan bau mulut.

Pemicu bau mulut bisa disebabkan konsumsi makanan dan minuman yang manis. Kopi misalnya. Kopi yang manis serta produk olahannya membuat mulut kering dan mengurangi produksi air liur.

Sementara makanan manis yang mengandung kadar gula tinggi adalah sumber bahan bakar yang memicu pertumbuhan bakteri. Ada juga makanan pemicu bau mulut lainnya seperti tomat, bawang, susu dan produk olahannya. Satu lagi, daging merah.

Ada tips lain yang bisa Anda baca dalam tautan berikut.

Artikel Lainnya