Musim Durian Sebentar Lagi Berakhir, Ini Buah Tropis Khas Indonsia yang Bisa Dinikmati

Nyedulur
  • sebulan yang lalu
  • arief

Sumber Foto: IST.

Indonesia memiliki kekayaan produk hortikultura yang luar biasa. Hampir sepanjang tahun, buah-buahan maupun sayuran tropis khas nusantara panen pada periode tertentu. Pada saat panen itulah kerap dijadikan promo wisata.

Kabupaten Jombang misalnya, memiliki kawasan di Wonosalam yang menghasilkan durian. Namanya durian wonosalam. Pada saat panen itulah, kerap dijadikan pesta durian atau Kenduren pada bulan Maret. Secara umum, durian mengalami masa panen pada bulan Oktober-Maret.

Tapi beberapa daerah ada yang bisa memproduksi durian tak kenal musim. Sebut saja durian di Songgon, Banyuwangi. Pohon durian di daerah Songgon jumlahnya mencapai ratusan. Itu sebabnya cukup banyak penjual yang menjajakan durian sepanjang jalan.

Di sela-sela durian berbuah, buah kedondong dan jambu biji akan berbuah pada Januari hingga Maret. Kedondong sering digunakan sebagai campuran asinan atau manisan. Sedangkan jambu biji biasanya dibuat untuk pengobatan demam berdarah dan sariawan.

Mengutip Hipwee, Indonesia juga memiliki jadwal panen buah lainnya. Pada rentang bulan November hingga Februari, buah alpukat juga panen. Sedangkan buah sawo mulai berbuah di bulan Desembernya.

Sebetulnya kedua buah ini masih bisa berbuah lagi di bulan April-Juni. Namun jumlahnya tidak sebanyak pada bulan November-Februari.

Bagi penggemar jeruk bali, pasar baru akan menjajakannya antara bulan Februari hingga Mei, dan Oktober-November. Di bulan-bulan antaranya, termasuk bulan ini, jeruk bali tidak banyak djumpai.

Kabar baik bagi pecinta rujak buah. Belimbing, jambu mete, dan jambu bol panen mulai Agustus hingga September. Pendek memang masa panennya. Tapi di sela itu juga terdapat buah melon yang bisa dipanen secara bersamaan.

Artikel Lainnya